Sabar Kawan, Semuanya Mengandung Pelajaran

 

 Oleh Wildan Afdhal Takhasus 3B

 

Terdorong karena rindu, tak sabar tuk kembali bersua membuka lembar demi lembar tentang kisah-kisah yang telah berlalu dua tahun lamanya. Ana tuliskan surat ini berharap akan menjadi pelipur lara karena betapa lama perpisahan ini terasa.

Ikhwati fillah, semoga Allah ta`ala menjaga antum semua. Suatu kemestian di dalam kehidupan ini selalu adanya pertemuan yang akan disusul perpisahan, tentunya di balik itu semua terdapat segudang hikmah dan sarat akan faedah.

“Adanya perpisahan pasti berbuah kerinduan.” Begitulah yang ana dengar dari salah satu Ustadz di Ma’had Minhajul Atsar Jember hafidzahullah ketika menginjak penghujung masa PKL COVID-19. Barangkali faedah ini menggambarkan keadaan kita saat ini.

Mulai dari pendaftaran di tahun 2018, di mana tahun itu kita baru saja saling mengenal dan menjalani bersama satu bulan di pondok dengan mengemban amanah ‘Divisi’ hingga rekreasi ke pantai Bangsring.

Kawan, jujur saja, saat itu tertancap di hati ana rasa cinta karena seiman kepada antum semua. Ternyata satu bulan itu sangatlah berarti bagi ana, rasa syukur kepada Allah ta`ala ingin selalu ana ulang-ulang karena bisa kenal antum semua.

Kami senantiasa bersabar, walaupun hati ini harus menahan pahitnya perpisahan….

عَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Bisa jadi engkau membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan bisapula engkau mencintai sesuatu, padahal itu jelek bagimu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Di masa pandemi ini juga kita sama-sama mengalami musibah covid-19, begitu pula musibah-musibah lainnya yang tak kalah dahsyatnya. Namun kita dihasung untuk senantiasa taat kepada perintah Allah, sebagaimana dalam firman-Nya:

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“Orang-orang yang apabila tertimpa musibah, mereka mengatakan, ‘Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali.’” (QS. Al-Baqarah: 156)

Ya Allah, sabarkanlah kami dan golongkanlah kami termasuk hamba-hamba-Mu yang bersabar. Mudah-mudahan perpisahan yang sementara ini berubah menjadi pertemuan yang sifatnya kekal di akhirat kelak.

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ

“Teman-teman dekat pada hari kiamat sebagian mereka bagi sebagian lainnya menjadi musuh, kecuali orang-orang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.