Di Kelas Empat, Pelajaran Semakin Padat

 

Oleh Tim Reportase Santri

 

Kelas empat. Ya, itulah kelas teratas dalam jenjang Takhasus di Ma’had Minhajul Atsar Jember. Seharusnya (sesuai program) mereka sudah mulai diterjunkan dalam bidang tarbiah dan pendidikan. Biasanya mereka mendapat tugas untuk menjadi musyrif lembaga MTP (Madrasah Tahfizh Terpadu) setingkat SD.

Namun karena pandemi yang melanda, para santri dari jenjang MTP melanjutkan pendidikan mereka di rumah masing-masing bersama orang tua mereka. Sehingga, sementara ini tidak ada tugas kemusyrifan di lembaga MTP, yang biasanya tugas ini diemban oleh kelas empat Takhasus. Namun, di balik itu semua ada sejuta hikmah yang tersimpan.

 

Di Antara Hikmah Itu

Dari sekian hikmah yang Allah tampakkan darinya adalah adanya tambahan jam pelajaran untuk kelas empat pada tahun ini. Pelajaran yang sebelumnya tidak didapat oleh kakak kelas mereka sewaktu menginjak kelas empat. Walhamdulillah, sebuah kenikmatan yang patut disyukuri.

Salah satu jam pelajaran tambahan yang didapat di kelas empat adalah di bidang musthalah hadis. Sebuah pelajaran dan cabang ilmu agama nan mulia, yang patut untuk dipelajari oleh seorang penuntut ilmu.

 

Materi yang dipelajari adalah kitab al-Ba’its al-Hatsits Syarh Ikhtishar ‘Ulum al-Hadits karya Syaikh Ahmad Syakir rahimahullah. Angkatan kelas empat di tahun ini sangat bersyukur, karena kini mereka bisa lebih mendalami bidang yang penting ini, setelah sebelumnya mereka juga mempelajari kitab-kitab musthalah hadis lainnya.

Ustaz yang mengajar mereka pada pelajaran ini adalah al-Ustaz Abu Muhammad Musa hafizhahullah wa ra’aah. Mulai sejak pukul 06.00 dan berakhir hingga pukul 06.30 WIB, itulah waktu berlangsungnya pelajaran tersebut.

Sungguh banyak faedah dan pelajaran berharga yang mereka dapat dari mempelajari kitab tersebut, mulai dari asal penamaan kitab hingga istilah-istilah yang dipakai oleh para ulama dalam ilmu hadis.

 

Sepatah Kata Penutup

Demikianlah sekilas tentang tambahan jam pelajaran di bidang musthalah hadis yang baru saja dimulai beberapa hari yang lalu di kelas empat Takhasus. Mudah-mudahan ilmu yang mereka pelajari dapat bermanfaat bagi mereka sendiri dan orang lain di dunia dan di akhirat kelak. Amiin ya Mujiibas saailin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Promo Qurbani