Motivasi dan Renungan

informasi

Oleh Uqbah Muntilan 1B Takhasus

 

Takwa adalah inti dari keimanan, apabila keduanya terkumpul maka akan membuahkan amal saleh.

Berbaik sangka kepada Allah Ta’ala adalah inti dari rasa harap dan butuhnya dia kepada Allah Ta’ala, apabila keduanya terkumpul maka akan membuahkan terkabulnya doa.

Rasa takut adalah inti dari rasa cinta, apabila keduanya terkumpul maka akan membuahkan kelanggengan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan.

Kesabaran adalah inti dari keyakinan, apabila keduanya terkumpul maka akan mewariskan kepemimpinan dalam agama sebagaimana perkataan Allah Ta’ala.

Kejujuran mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah inti dari keikhlasan, apabila keduanya terkumpul maka akan membuahkan diterimanya amalan.

Amalan adalah inti dari ilmu, apabila keduanya terkumpul maka akan teraih kesuksesan dan kebahagiaan. Namun, jika hilang salah satu dari keduanya maka tidak ada manfaatnya sedikitpun.

Kebenaran adalah inti dari ilmu, apabila keduanya terkumpul maka akan menjadi kemuliaan di dunia dan akhirat serta akan tercapai manfaat ilmunya orang awam. Jika hilang salah satu dari keduanya maka akan terhalangi pulalah untuk memperoleh manfaat darinya.

Dinukil dari kitab “al-Fawaid” karya Ibnul Qayyim rahimahullah, hlm. 196-197.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.