Hukum jadwal imsak yang beredar

MANDIRI DARI KEBUN SENDIRI

 

Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

 

Berikut ini adalah fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahulah ketika ditanya tentang hukum jadwal imsak yang beredar pada bulan Ramadhan:

السؤال: توزع بعض الشركات والمؤسسات إمساكيات لشهر رمضان المبارك، وهذه الإمساكيات خاصة بأوقات الصلوات، ولكن الذي لفت انتباهي وضعهم وقتًا للإمساك يسبق وقت آذان الفجر بربع ساعة، فهل لعملهم هذا أصل من السنة؟ أفتونا مأجورين. مرفق لسماحتكم صورة لواحدة من هذه الإمساكيات

 

Pertanyaan: Beberapa perusahaan dan institusi menyebarkan jadwal imsak untuk bulan Ramadhan penuh berkah. Waktu imsak ini khusus untuk waktu sholat, tetapi yang menarik perhatian saya adalah pengaturan mereka sebagai waktu berhenti makan sahur ketika seperempat jam sebelum ditegakkan adzan shubuh. Apakah amalan mereka ada asalnya dari sunnah? Mohon beri fatwa kami. Terlampir pada yang mulia adalah foto dari salah satu teks jadwal imsak.

 

Jawaban:

لا أعلم لهذا التفصيل أصلًا، بل الذي دل عليه الكتاب والسنة أن الإمساك يكون بطلوع الفجر؛ لقول الله سبحانه

Saya sama sekali tidak mengetahui detail permasalahan ini, melainkan yang ditunjukkan oleh al-Qur’an dan as-Sunnah bahwa menahan dari makan sahur terjadi saat terbitnya fajar. Berdasarkan firman Allah subhanahu wa ta’ala:

وَكُلُواْ وَاشْرَبُواْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ… الآية [البقرة:187]

“Makan dan minumlah sampai benang putih menjadi jelas bagimu dari benang hitam dari fajar.” [QS. Al-Baqarah: 187]

 

ولقول النبي ﷺ: الفجر فجران، فجر يحرم الطعام وتحل فيه الصلاة، وفجر تحرم فيه الصلاة (أي صلاة الصبح) ويحل فيه الطعام رواه ابن خزيمة والحاكم وصححاه كما في بلوغ المرام، وقوله ﷺ: إن بلالًا يؤذن بليل، فكلوا واشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم.

Begitu pula berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Fajar ada dua, fajar yang melarang makan dan diperbolehkan sholat di dalamnya. Dan fajar di mana sholat shubuh dilarang dan diperbolehkan makan di dalamnya. (HR. Ibnu Khuzaimah dan al- Hakim dan keduanya telah menshohihkan, sebagaimana dalam kitab Bulughul Maram)

 

قال الراوي: وكان ابن أم مكتوم رجلًا أعمى لا ينادي حتى يقال له: أصبحت، أصبحت. متفق على صحته. والله الموفق

Perawi berkata: Ibnu Ummi Maktum adalah seorang buta yang tidak adzan sampai dia diberitahu: “Shubuh telah tiba, shubuh telah tiba.” (Muttafaqun ‘alaihi) 

 

Alih bahasa: Abu Abdillah Anton Purbalingga

Sumber: https://binbaz.org.sa

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Tsabut berkata:

    Syukron atas faedahnya..
    Barakalluhufiik..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.