Apa Itu Wahabi

 

Fatwa al-Lajnah ad-Daimah

 

Pertanyaan

Apa itu Wahabi?

 

Jawaban

Wahabi adalah suatu kata yang disandangkan oleh musuh asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah kepada beliau karena dakwahnya untuk memurnikan tauhid dari berbagai macam kesyirikan, dan membuang seluruh manhaj kecuali manhajnya Nabi Muhammad bin Abdillah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tujuan mereka adalah membuat manusia lari dari dakwah beliau serta menghalangi mereka dari apa yang beliau seru. Akan tetapi hal tersebut tidak membahayakan dakwahnya sama sekali. Bahkan semakin tersebar di belahan bumi dan malah menumbuhkan kecintaan bagi orang yang Allah berikan taufik kepadanya untuk lebih mendalami hakekat dakwah, tuduhan kepada baliau, serta apa yang disandarkan kepada beliau berupa dalil-dalil Quran dan Sunnah yang sahih.

 

Karena sebab itu, mereka menjadi kuat dalam berpegang teguh terhadap dakwah tauhid, menggenggamnya, serta menyeru manusia kepadanya.

Segala puji hanya milik Allah, hanya kepada Allah lah kita memohon taufik. Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi wa shahbihi wa sallam.

 

Sumber: Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah wal Ifta’, Soal ke-2 dari fatwa no. 9450

Alih bahasa: Ahmad Sragen, Takmili

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.