Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Islam di Kampung Laut

   `Izzatul Islam (kemuliaan Islam) mulai dirasakan oleh masyarakat Kampung Laut. Hal ini nampak ketika pada tanggal 21 April 2012 lalu, diadakanlah acara Tabligh akbar di Desa Ujung Gagak (Karang Anyar) Kecamatan Kampung Laut dengan tema “Menggapai kebahagiaan Dengan Islam” dan sebagai pematerinya adalah Ustadz Muhammad Umar As Sewwed –hafidzahullah-. Acara ini dihadiri oleh Tokoh MUI Cilacap Pak Hasan Makarim, Kepala Kecamatan Kampung laut, Kapolsek Kawunganten, dan beberapa orang anggota Marinir. Suatu hal yang luar biasa, acara ini dihadiri oleh sekitar 1500 peserta yang berasal dari luar Kecamatan kampung laut selain peserta yang berasal dari kampung laut.

kampung-laut-2-3

   Lebih dari 30 perahu yang digunakan para peserta Tabligh akbar bersandar di dermaga Ujung Gagak, sehingga sebagian nelayan menahan keberangkatannya ke laut karena merasa takjub dengan pemandangan yang baru terjadi ini. Selama hidup di Kampung laut mereka baru melihat sekitar 1500 orang hadir dalam sebuah Tabligh Akbar dalam keadaan berpakaian jubah dan gamis.

   Tanpa sadar salah seorang penduduk berseloroh, “Akeh banget!” (banyak sekali). Setelah acara selesai banyak penduduk yang mencari pakain Jubah dan gamis, mereka merasa senang dan ingin meniru para tamu peserta yang kemarin hadir di acara Tabligh Akbar. Mudah-mudahan pakaian tersebut menjadi sebuah model yang terus mereka cintai.

***

   Laa haula wa laa quwwata illa billah, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan segala apa yang telah diperoleh Ahlus Sunnah ketika berdakwah di Kampung Laut. Allah telah memilih sebagian hambanya untuk menjadi sebab terbukanya pintu hidayah dan kebaikan bagi suatu kaum lemah. Sesuatu yang jauh lebih berharga dari kekayaan mewah. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, “Jika Allah memberikan hidayah kepada seseorang dengan sebab dirimu, maka hal itu lebih baik daripada harta termewah.”  

   Kini saatnya bagi Ahlus sunnah untuk bergandeng tangan merapatkan barisan menyusun langkah yang pasti untuk mengibarkan panji Dakwah Tauhid menyongsong  kemenangan yang Allah janjikan. Sungguh wajah-wajah bercahaya yang merindukan Islam kini mulai muncul, bagaikan Matahari Terbit Di kampung laut.

   Wahai Ahlus Sunnah ! Siapa lagi yang paling pantas  berbelas kasih kepada manusia kalau bukan kalian ?! Dunia dan keindahannya jangan sampai memperdaya kalian, semua itu akan sirna, namun akan tetaplah amalan saleh menyertai hingga kalian berjumpa dengan Rabbul `Aallamiin. (Abu Jundi;  ma’had An-Nuur Al- Atsaty Ciamis)