Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Berkarya d Bulan Ramadhan

Momen Kesadaran untuk Berbuat

Marhaban ya Ramadhan…

Pembaca yang budiman, telah datang bulan terbaik, bulan yang penuh dengan keutamaan, padanyalah kitab pedoman menuju al-Jannah diturunkan. Ya, bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya al-Qur’an ke dunia, yang kemudian dengannyalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam membimbing umatnya menuju kemenangan abadi, yaitu kemenangan di negeri akhirat yang tidak akan mungkin ada kekalahan setelahnya. Sungguh untuk membahas keutamaan Ramadhan tidak akan ada habisnya mengingat banyaknya keutamaan di bulan ini.

Di bulan yang penuh berkah ini, thullab/santri program i’dadi Ma’had As-Salafy melakukan beberapa kegiatan ekstra di luar dars (pelajaran) yang telah ditetapkan, dan tentunya juga di luar agenda muroja’ah dan tilawah al-Qur’an yang memang sangat dianjurkan di bulan ini. Kegiatan yang telah diagendakan di ma’had ini bermacam-macam, baik dalam bentuk karya ilmiah, karya seni, maupun karya-karya thullab/pelajar lainnya yang bermanfaat insya Allah. Kegiatan ini melibatkan seluruh thullab i’dadi mulai dari kelas 1 sampai 3, bahkan tak mau kalah, musyrifun (pembimbing santri) pun ikut andil dalam beberapa kegiatan tersebut.

Di antara kegiatan tersebut adalah pembuatan mading, majalah mini, buku berfaedah ilmiah, baik di bidang lughoh (bahasa), nahwu (tata bahasa arab) atau yang lainnya, muhadhoroh ilmiyah, hingga pembuatan pamflet ajakan untuk bergabung bersama dalam majelis ilmu sebelum ifthor (buka puasa) yang menunya disediakan oleh thullab.

Masyaalla……bulan ramadhan benar-benar bulan yang penuh berkah, setelah lelah dengan menahan lapar dan dahaga di siang hari, ternyata hal itu tidak mematahkan semangat para thullab untuk berkarya, dengan kelap-kelipnya mata mereka mencoba menyelesaikan karyanya. Barokallohufiikum.

Dan yang paling penting dari itu semua adalah munculnya kesadaran untuk berbuat, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Menjadikan aktivitas seperti ini sebagai langkah awal untuk terjun ke dunia dakwah. Apa yang bisa dilakukan, lakukanlah sebisa mungkin untuk mengisi lini dakwah yang cukup luas ini.

Kegiatan yang kami paparkan sedikit di sini beberapanya sudah terwujud dan sebagiannya masih dalam proses,

Proses pengerjaan karya ilmiah thullab

Pamflet taklim dan buka bersama karya thullab kelas 1

berikut ini beberapa gambar yang menggambarkan bentuk kegiatan thullab:

IMG-20160622-WA0001

IMG-20160620-WA0012

Para pembaca.

Itulah sekelumit kecil kegiatan thullab ma’had As-Salafy Jember, nantikan pemaparan lebih lanjutnya Insya Allah