Tasyahhud Akhir Harus Dibaca Sempurna, Walaupun Imam Sudah Salam

Apabila bacaan tasyahhud akhir kita belum selesai, namun imam sudah salam, apa yang sebaiknya harus dilakukan? Apakah harus menyelesaikan bacaan tasyahhud ataukah ikut imam salam?

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah pernah ditanya:

Suatu perkara yang telah diketahui (bersama), bahwasanya tasyahhud akhir termasuk salah satu rukun shalat. Pada satu ketika, imam telah (mengucapkan) salam, dalam keadaan saya belum menyempurnakan tahiyyat (yakni tasyahhud, pen) kecuali sebagian kecilnya (di bagian awal bacaan tasyahhud). Apakah saya harus mengulangi shalat?

Jawab:

Wajib bagimu untuk menyempunakan tasyahhud walaupun engkau terlambat mengikuti sebagian gerakan imam. Karena tasyahhud akhir adalah rukun, berdasarkan pendapat yang paling benar dari dua pendapat para ulama. Di dalamnya juga terdapat shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Oleh karena itu, yang wajib engkau lakukan adalah menyempurnakannya (yakni tasyahhud akhir, pen) walaupun (dilakukan) setelah ucapan salam imam.

Di antara (perkara yang harus disempurnakan, pen) adalah ta’awwudz (berlindung) kepada Allah Ta’ala dari adzab Jahannam, adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari fitnah Dajjal Al-Masih. Karena nabi shollallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan ta’awwudz (berlindung) dari empat perkara ini setelah tasyahhud akhir. Dan juga sebagian ulama berpendapat wajibnya permasalahan itu.

Wallahu waliyyut taufiq.

(Majmu’ Fatawa Ibn Baz 11/248)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.