Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Khusyuknya Idul Adha

KHUSYUKNYA SHALAT IDUL ADHA DI MA’HAD AS SALAFY

10 DZULHIJJAH 1437 H

                                               

Allahu Akbar…. Allahu Akbar….  Allahu Akbar…. La Ilaha Illalahu Wallohu Akbar….  Allahu Akbar…. Walillahilhamd….

Gemba takbir pada tanggal 10 Dzulhijjah 1437 H menyeruak ke atas langit, gema takbir yang dikumandangkan pada hari  besar kaum muslimin, yaitu hari idul adha terdengar begitu kerasnya. Salah satu hal yang menunjukkan akan kebesaran Allah subhanahuwata’ala, kebesaran Zat yang di tangan-Nya lah jiwa manusia berada, kebesaran Rab semesta alam. Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan akan kebesaran tauhid, kebesaran islam, kebesaran satu-satunya agama yang diridhai Allah subhanahuwata’ala. Sebaliknya, kehinaan kesyirikan dan kekufuran semakin nampak di hari tersebut.

Pada hari itu, kaum muslimin diseluruh penjuru dunia bergembira, bangga akan kebesaran agamnya. Tentu tak terkecuali kaum muslimin muwahhidin (in sya Allah) di lingkungan Ma’had As Salafy Jember, baik kalangan laki-laki, perempuan, anak-anak atau pun dewasa, semuanya terlihat bersuka cita menyambut hari raya kaum muslimin tersebut. Betapa tidak, berbagai syiar islam dinampakkan pada hari itu, salah satunya adalah shalat idul adha. Ya…. shalat idul adha merupakan salah satu syiar islam yang besar, yang sangat agung dan mulia. Kaum muslimin berbondong-bondong keluar dari rumah-rumah mereka menuju tanah lapangan untuk melaksanakan amalan ibadah yang besar  ini.

Untuk sesuatu yang besar, tentunya diperlukan persiapan yang besar pula, untuk itu demi melancarkan shalat idul adha ini, Ma’had As Salafy Jember melakukan segala upaya yang bisa dilakukan untuk melancarkannya. Tidak tanggung tanggung, persiapan mushalla shalat idul adha sudah dilakukan jauh-jauh hari, mulai dari perataan tanah mushalla yang kali ini pihak Ma’had menggunakan jasa alat berat buldoser, pembersiahan lapangan untuk mushalla ied, penyiraman mushalla, pemasangan hijab untuk wanita/ummahat, sound syistem, tempat parkir dan yang lainnya.

Alhamdulillah, akhirnya persiapan shalat idul adha yang sudah dimulai sejak hari jum’at 7 Duzlhijjah selesai tepat pada waktunya. Esok harinya shalat idul adha dilaksanakan pukul 05.30 WIB dan diperkirakan selesai pada pukul 06.30 WIB . Waktu shalat idul adha memang sengaja disegerakan, hal ini untuk mengikkuti petunjuk Nabi shallalahu alaihi wasallam yang memang bersegera dalam melakukan shalat idul adha dan mengakhirkan waktu shalat idul fitri.

Dibantu oleh beberapa personil kepolisian dari Polsek Kecamatan Ajung untuk penyeberangan menuju mushalla dan keamanan shalat ied, shlat ied kali pun berjalan dengan lancar dan khusyuk, baik ketika shalat atau pun saat khatib berkhutbah. Sungguh kehusyukan dalam ibadah shalat idul adha kali ini benar-benar terasa. Alhmadulillah, tentunya hal tersebut tidak terluput dari rahmat Allah dan keutamaan-Nya, kemudian bantuan dari Polsek Kecamatan Ajung yang dengan sigap membantu mengamankan jalannya shalat ied, juga tentunya kerja keras dari seluruh warga Ma’had As Salafy dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Pelajaran penting yang didapat dari idul adhakali ini adalah kita semakin yakin akan kebesaran Allah subhanahuwata’ala, kebesaran islam, kebesaran tauhid, dan bahwasanya ahlut tauhid akan selalu menang meskipun ia seorang diri, bisa jadi kemenangan tersebut diraih di dunia, atau di negeri akhirat kelak.

Semoga Allah senantiasa menjadikan kita sebagai ahlul islam, ahlut tauhid yang mati di atas islam, dan bertemu dengan Allah kelak di akhirat dengan membawa hati yang salim. Amin.