Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

MTP (Madrasah Tahfizh Terpadu)

PROFIL MADRASAH TAHFIZH TERPADU MA’HAD AS SALAFY JEMBER

Madrasah Tahfizh Terpadu As Salafy Jember adalah sebuah lembaga pendidikan tingkat dasar (setingkat sekolah dasar) yang didirikan pada tahun 2003. Sebenarnya lembaga ini sudah ada sejak sekiar tahun 2002 dengan nama SDIP, namun pada tahun 2003 dewan asatidzah Ma’had memutuskan untuk mengubah nama lembaga ini menjadi MTP.

Ketika itu siswa MTP belum banyak, hanya ada dua kelas dengan jumlah murid sekitar 25 siswa. Sistem pendidikan saat itu masih bersifat menginap (mondok) sampai tahun 2008. Pada tahun 2009 dewan asatidzah Ma’had memutuskan MTP menggunakan sistem fullday (yaumi) hingga saat ini.

Pada awalnya, pelajaran di MTP terbagi menjadi 6 jam pelajaran, kemudian diringankan menjadi 4 sesi dan ditambah satu sesi untuk pengondisian menjelang Zhuhur. Adapun sistem wali kelas dan musyrif kelas sudah diterapkan sejak awal hingga sekarang.

Pelajaran yang ada di MTP meliputi al Qur’an, pelajaran diniyyah, pelajaran umum, dan pelajaran olahraga/keterampilan. Target pelajaran al Qur’an adalah anak didik mampu membaca al Qur’an dengan benar dan memiliki hafalan minimal 15 juz dengan hafalan yang mutqin, hal ini didukung dengan adanya ujian hifzhul Qur’an setiap bulan dan adanya program hadiah bulanan & semesteran untuk memicu semangat anak didik.

Berjalannya KBM di MTP dipantau langung oleh guru piket, termasuk jam istirahat, shalat, makan siang, dan tidur siang seluruh siswa.

Sekitar tahun 2006, MTP berpindah di lokasi baru di daerah Sumber salak yang sebelumnya berada di daerah Gumuk Bago. Saat ini jumlah murid MTP adalah 160 siswa. Tiap hari mereka mendapat snek dan makan siang yang diambil dari uang bulanan yang dibayarkan oleh orang tua mereka.

Hari libur di MTP adalah setiap hari Jumat sebagai kesempatan bagi orang tua untuk meningkatkan kasih sayang kepada anaknya. Namun MTP juga mengadakan aneka kegiatan pada hari tersebut sebagai media bagi anak-anak untuk menyalurkan minatnya.

Adapun liburan semester, diadakan setelah berakhirnya liburan sekolah umum selama 10 hari pada semester ganjil dan 3 pekan pada semester genap. Liburan ini didahului oleh ujian semester dan pembagian rapor.

Fasilitas yang ada saat ini adalah 8 unit kelas, 1 kantor, 3 kamar musyrif, 1 gudang, 1 ruang transit makanan, terpal dan beberapa sarana permainan.