Nonton bareng iptek

 

Oleh Tim Reportase Santri

 

Sedikit demi sedikit bintang gemintang mulai terlihat. Di sana tampaklah wajah-wajah yang sedang menuggu sesuatu. Sedari tadi mereka rela untuk duduk di atas terpal. Terpal tersebut memang sengaja ditempatkan di lapangan sebarguna pondok.

MC pun akhirnya berusaha mengalihkan perhatian mereka dengan mengomentari gambar-gambar yang muncul di layar. Layar tersebut masih seperti yang lalu dari kegiatan MUDDAH (MUqaDDimah sariyyAh). Yakni di tembok lantai dua masjid. Proyektor telah siap. Tetapi, apa lagi yang mereka tunggu?

 

Nobar yang ditunggu

Rupa-rupanya mereka sedang menunggu video-video yang hendak ditayangkan pada malam itu. Memang kegiatan yang direncakan panitia Syawwal pada malam yang telah memasuki tanggal 4 Syawwal itu adalah “Nobar Iptek” (ilmu pengetahuan dan teknologi). Nonton bareng video yang inspiratif dan bermanfaat.

Video yang akan ditampilkan melalui proses pengeditan yang lumayan sulit. Video diusahakan tidak menampilkan makhluk bernyawa. Hingga pada akhirnya, satu persatu video mulai ditayangkan. Video pertama adalah tentang pembuatan masker. Mereka diperlihatkan bahwa di sana ada alat untuk membuat masker yang simple dan tidak membutuhkan tempat yang besar.

 

Kemudian video kedua tentang perbedaan mesin bensin dan mesin diesel. Di antara perbedaanya adalah bahan bakar untuk mesin diesel jika dimasukan ke mesin bensin, maka bahan bakar tersebut tidak akan terjadi proses pembakaran yang merata, bahkan pembakaran tersebut akan tidak beraturan disebabkan bahan bakar diesel bukanlah sesuatu yang mudah terbakar.

Hal itu bisa terjadi karena mesin bensin hanya menggunakan karburator (pemantik) di dalam melakukan pembakaran. Sedangkan bahan bakar untuk mesin bensin jika dimasukan ke mesin diesel, maka akan terjadi nantinya sebuah ledakan. Karena bahan bakar bensin sangat mudah terbakar dan mesin diesel memiliki tegangan yang cukup tinggi di dalam proses pembakaran.

 

Perbedaan pesawat boing dan airbus

Video yang berikutnya adalah video tentang perbedaan pesawat boing dan pesawat airbus. Di antaranya, pesawat boing berasal dari Amerika sedangkan pesawat airbus berasal dari Perancis. Di sana masih banyak lagi perbedaan-perbedaan, dari sisi setir, baling-baling, kaca depan, moncong pesawat, dsb.

 

Fungsi label nomor pada plastik

Video yang selanjutnya tentang fungsi label nomor pada setiap jenis plastik. Dapat diketahui bersama, bahwa plastik yang paling aman untuk digunakan menyimpan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang lama adalah plastik yang bernomorkan 5, sedangkan yang tidak disarankan pemakaiannya untuk menyimpan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang lama adalah nomor 1.

 

Video yang membuat banyak orang berkomentar

Entah kenapa, suasana menjadi riang gembira ketika para santri melihat video mobil yang coba melindas berbagai benda. Bunyi suara yang dihasilkan membuat mereka saling berkomentar satu sama lain. Ada yang mengatakan, “Eman..mending tak pakai,” ketika melihat telur-telur yang tak bersalah dilindas oleh mobil tersebut. Ada juga yang berkomentar, “Ngapain, kurang kerjaan..” teman yang berada di sampingnya menjelaskan, “Itu lagi uji coba..”

 

Sebelum video terakhir, para santri diberitahu tentang pembuatan mobil remote control yang terbuat dari kayu. Mobil cevrolet yang dibuat dari kayu itu, dengan fasilitas yang memadai dan tangan yang handal dapat menjadi karya yang istemewa dan spesial. Benar-benar mengagumkan, masya Allah.

Setelah selesai santri pun segera kembali ke asrama masing-masing guna mengistirahatkan badan mereka untuk kegiatan outbond ringan atau JASADI (JAdilah SAntri SEjati).

 

Penutup

Semoga Allah Ta’ala memberikan manfaat dan barakah bagi kita semua atas ilmu yang telah kita pelajari kemudian kita amalkan dan ajarkan kepada orang lain. Amiin..

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.