Anda Perlu Melihat dan Mengetahui Data di HP Atau Komputer Anak

Apakah boleh bagiku sebagai orang tua untuk meneliti dan melihat-lihat data yang ada dalam HP dan komputer anak-anakku karena khawatir di dalamnya ada sesuatu yang tidak baik?

Fadhilatusy Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah menjawab:

Ya, ini wajib bagi Anda, lihat dan perhatikan apa yang ada di dalam alat-alat tersebut. Berapa kali telah aku sebutkan kepada Anda bahwa jangan membelikan untuk mereka HP yang fitur dan aplikasinya melebihi fitur untuk percakapan saja (ada fitur-fitur atau aplikasi lain yang lebih dari sekedar untuk percakapan), karena itu akan mendatangkan bencana, musibah, dan berbagai hal yang haram. Jangan membeli alat yang seperti itu untuk mereka.

Penanya: “Sebagian orang mengatakan bahwa perbuatan orang tua yang seperti itu adalah termasuk tajassus (memata-matai) yang diharamkan, apakah perkataan ini ada benarnya?”

Asy-Syaikh menjawab: “Perkataan seperti ini adalah perkataan yang batil, orang tua diperintahkan untuk mendidik anak-anaknya, mengawasi dan memperhatikan mereka. Ini wajib atas orang tua. Bukan termasuk tajassus, namun itu merupakan bentuk pelaksanaan terhadap kewajiban yang Allah bebankan kepadanya.

Akan tetapi yang terjadi sekarang adalah musibah, yaitu mereka mengatakan: Jangan mengatakan kepada anak-anak, istri, dan putri-putrimu sedikitpun, biarkan mereka melakukan apa saja yang mereka mau, bebas sesuai kehendak mereka, jangan ikut campur urusan mereka karena ini termasuk kekerasan dalam keluarga –laa haula wala quwwata illa billah-.

Mereka menghendaki tidak ada seorang pun yang melaksanakan kewajiban, masing-masing berbuat sekehendaknya.

Sumber http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=140620

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.