Berburu Keutamaan Ilmu

 

Oleh Abdurrahman Ba’abduh, Takmili

 

Allah Taala telah memuji ahlul ilmi (orang yang berilmu), menghasung hamba-Nya untuk menuntut ilmu dan meminta tambahan ilmu. Begitu pula sunnah nabi-Nya yang suci.

Menuntut ilmu termasuk amal saleh yang paling utama, bahkan ia merupakan ibadah yang paling utama dan paling mulia. Menuntut ilmu juga merupakan sunnah, bahkan ia termasuk jihad fii sabilillah.

 

Dan di antara keutamaan ilmu yang paling utama adalah:

  1. Sesungguhnya ilmu adalah nuur (cahaya), di mana seorang hamba menjadikannya sebagai penerang. Dengan ilmu itu, seorang hamba mengetahui cara beribadah kepada Rabbnya dan cara bergaul dengan orang lain. Maka seorang hamba ketika menjalaninya akan selalu di atas ilmu dan bashirah (pengetahuan yang dalam).
  2. Sesungguhnya seorang alim itu menjadi cahaya dan penerang bagi manusia di sekelilingnya dalam perka ra agama dan dunia mereka.
  3. Sesungguhnya Allah Taala akan mengangkat derajat orang yang berilmu di dunia dan di akhirat.

Adapun diangkatnya derajat orang-orang yang berilmu tatkala di akhirat adalah sesuai dengan apa yang mereka tegakkan berupa dakwah menuju jalan Allah serta amal ibadah mereka. Dan di dunia mereka diangkat derajatnya di antara para hamba, sesuai dengan apa yang mereka amalkan dari ilmu.

 

Allah Taala berfirman,

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. AL-Mujadilah: 11)

 

Penutup

Setelah mengetahui beberapa keutamaan di atas, mari kita memburu keutamaan tersebut dengan berusaha menjadi orang yang berilmu. Mungkin sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.