Menjadi Wanita Salehah

Dalam suatu haditsnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

خير متاع الدنيا المرأة الصالحة. رواه مسلم

“Sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah” (HR. Muslim).

Dalam hadits ini jelas terlihat, bahwa seorang wanita dalam pandangan islam begitu mulia. Islam menempatkan wanita sebagai perhiasan dunia yang paling indah, yang tidak bisa dibandingkan dengan perhiasan dunia lainnya.

Akan tetapi, predikat sebagai perhiasan dunia yang paling indah itu hanya didapat oleh wanita salehah, tidak untuk yang lain. Dalam haditsnya yang lain, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

اتقوا النساء فان أول فتنة بنى إسرائيل كانت في النساء رواه مسلم

“Berhati-hatilah terhadap wanita, karena awal fitnah (cobaan) atas Bani Israil adalah fitnah perempuan”. (HR. Muslim).

Lantas seperti apakah wanita salehah itu?

Asy-Syaikh Ubaid al Jabiri rahimahullah ditanya tentang sifat seorang wanita salehah (artinya),

Soal            : Bagaimanakah menjadi seorang istri yang salehah?

Jawab        : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda menjelaskan sifat wanita salehah (artinya) “Dia (wanita salehah) adalah wanita yang jika engkau melihatnya, akan membahagiakanmu, jika engkau memerintahnya (dalam kebaikan), akan mentaatimu, jika engkau pergi darinya, ia akan menjaga (amanah)mu”. Dan dalam hadits yang lain, beliau shallallhu alaihi wasallam bersabda (artinya), “(wanita salehah) adalah wanita yang menegakkan shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada suaminya, menjaga harga dirinya, maka akan dikatakan padanya, masuklah ke dalam al-Jannah melalui arah mana saja dari delapan pintu jannah sesuka hatimu”. Dan yang lebih gamblang dari itu semua adalah apa yang tertera dalam al-Qur’an (artinya) “Sebab itu maka wanita yang salehah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka) (an-Nisa’: 34 ). Rasullullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda (artinya), ”Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan diennya. Maka pilihlah wanita yang bagus diennya niscaya kamu akan beruntung”.

Kesimpulannaya, wanita salehah adalah wanita yang mengindahkan segala perintah Allah subhanahu wata’ala, dengan mengerjakan amalan-amalan ibadah yang mereka mampu, sesuai dengan firman Allah subhanahu wata’ala (artinya), Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (al-Baqarah: 286)

Dan ia juga wanita yang mengindahkan segala larangan Allah subhanahu wata’ala dengan benar-benar meninggalkan serta menjauhi darinya.

Untuk semua ini, tentu haruslah dilakukan dengan penuh ikhlas dan sesuai dengan apa yang diajarkan Rasululllah Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Wallahu a’lam bisshowab.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.