Besarnya Jasa Orang Tua, Sanggupkah Kita Membalasnya?

 

Oleh Muawidz Jember, Tahfizh

 

Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Jasa orang tua kepada kita sangatlah besar, mereka adalah pahlawan dalam hidup kita, sehingga berbakti kepada mereka adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan. Sebaliknya, durhaka kepada kedua orang tua termasuk dosa yang paling besar.

Perintah Allah yang terbesar setelah perintah untuk beribadah kepada-Nya adalah perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua. Di dalam salah satu ayat-Nya Allah Taala berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun serta berbuat baiklah kepada kedua orang tua.” (QS. an-Nisa: 36)

 

Kau Tak Akan Mampu Membalas Jasa Keduanya

Ayah dan ibu, dua sosok manusia yang paling berjasa dalam hidup seseorang, keduanya selalu melimpahkan yang terbaik untuk anaknya. Demikian pula perjuangan keduanya untuk sang anak teramat besar. Dari sini kita mengerti bahwa membalas jasa keduanya dengan yang setimpal adalah suatu hal yang sangat sulit. Kalau pun kau harus memeras keringat dan banting tulang untuk membalas jasa keduanya, maka masih belum mencukupi.

Pernah sahabat Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma ditanya oleh seseorang yang datang dari Yaman dengan menggendong ibunya hingga tawaf di Kabah, orang tersebut bertanya, “Cukupkah apa yang aku perbuat ini untuk membalas ibuku?”

Abdullah bin Umar pun menjawab, “Belum, walaupun untuk satu kali tarikan nafas saat melahirkanmu.”

Lihatlah wahai saudaraku perjuangan orang tadi dalam menggendong sang ibu dari negerinya hingga menuju Ka’bah dan tawaf di sekitarnya, sebuah bakti besar dari seorang anak kepada sang ibu, namun semua itu belum cukup untuk membalas jasa sang ibu walau hanya satu tarikan nafas di saat melahirkan si anak.

 

Akhir Pesan

Sungguh, ini bukti yang menunjukkan kepada kita besarnya jasa kedua orang tua, terutama sang ibu yang rela mengorbankan nyawa di saat melahirkan demi sang anak.

Maka dari itu, berbaktilah kepada kedua orang tua selagi mereka masih ada, jangan sampai kita menyesal. Selalu doakan mereka dalam doa-doamu di saat waktu mustajab sebagaimana yang diajarkan oleh agama ini,

رَبِّ اغفِرلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارحَمهُمَا كَمَا رَبَّياَنِي صَغِيرًا

“Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka telah mendidikku di waktu kecil.”

Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.