Cerdas Cermat Menyambut Daurah Al Muzani, Bentuk Syukur kepada Ilahi

 

Oleh Tim Jurnalistik Santri

 

Menjelang pelaksanaan Daurah Salafiyyah Imam Al-Muzani II pada 4 Muharram 1445 H, persiapan demi persiapan untuk menghadapi dan menyambutnya semakin sempurna. Baik itu persiapan hissi seperti kelayakan sarana-prasarana untuk para peserta, tak lupa pula persiapan maknawi.

Dalam menyambut daurah yang akan diselenggarakan selama kurang lebih 10 hari ini, tentu harus dipersiapkan niat yang ikhlas semata-mata karena Allah, semangat dalam menghadiri kajian, dan banyak hal lainnya. Semua itu sebagai wujud syukur kepada Allah, yang harapannya dapat menyebabkan langgengnya nikmat besar ini.

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأزِيْدَنَّكُمْ وَلَئنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.” (QS. Ibrahim: 7)

Maka sebagai upaya menyemarakkan daurah kali ini, ma’had mengadakan sebuah acara seru dan berfaedah. Cerdas Cermat Ilmiah seputar Daurah Salafiyyah Imam Al-Muzani.

Amanah Dari Asatizah

Berawal dari bimbingan asatidzah ma’had untuk mempersiapkan diri dalam menyambut daurah dengan semarak dan penuh semangat. Beliau-beliau menginginkan adanya sebuah kegiatan ilmiah bertema daurah.

Jumat sore 25 Dzulhijjah 1444 H, secara khusus al-Ustadz Abu Abdillah Luqman Ba’abduh hafizhahullah berharap adanya kegiatan Cerdas Cermat Ilmiah untuk semua lembaga di ma’had. Temanya seputar daurah kali ini dan sebelumnya, mencakup materi durus, biografi pemateri, dsb. Harapannya dapat menjadi murajaah serta persiapan untuk menyongsong daurah yang akan diselenggarakan.

 

Menyambut harapan tersebut, Takhasus sebagai jenjang tertinggi segera membentuk kepanitiaan. Tugasnya membuat soal-soal yang dapat digunakan oleh lembaga-lembaga lainnya. Sekaligus mengatur jalannya kegiatan cerdas cermat di lembaga Takhasus sendiri.

Walhamdulillah, kegiatan cerdas cermat bisa berjalan lancar di semua lembaga. Dengan rincian waktu pelaksanaan sebagai berikut:

  • Lembaga MTP: Rabu, 1 Muharram 1445 H (Pukul 07.00-Selesai)
  • Lembaga Tahfizh: Rabu, 1 Muharram 1445 H (Bakda asar-selesai)
  • Lembaga Takmili dan Takhasus: Rabu, 1 Muharram 1445 H (Bakda isya-selesai)
  • Lembaga TN: Kamis, 2 Muharram 1445 H (Pukul 09.00-selesai)
  • Lembaga Takmili: Kamis, 2 Muharram 1445 H (Pukul 19.30-selesai)

Suasana Cerdas Cermat Takhasus

Rabu malam Kamis, tanggal 2 Muharam 1445 H. Saatnya cerdas cermat untuk lembaga Takhasus. Kegiatan berlangsung di Masjid ma’had Minhajul Atsar jember dengan urutan acara sebagai berikut:

Pertama adalah pembukaan dari MC, berupa sepatah dua patah kalimat sambutan dari MC untuk membuka acara. Yang bertindak sebagai MC pada malam tersebut adalah al-Akh Alfahyed Wabula hafizhahullah asal Pulau Buru di Maluku.

Berikutnya adalah kata sambutan, berupa motivasi dari al-Ustadz Abu Abdillah Fauzi Latuconsina hafizhahullah.

 

Sesi pertama cerdas cermat yaitu sesi soal benar atau salah. Di sini panitia akan membacakan sebuah pernyataan, para peserta harus menjawabnya dengan ‘benar’ atau ‘salah’. Apabila sesuai, masing-masing kelompok mendapatkan poin 20, dan jika tidak sesuai maka nilainya 0.

Kemudian sesi berikutnya adalah sesi soal bergilir. Di sesi ini setiap kelompok mendapat 7 soal yang harus mereka jawab. Jika benar akan meraih 100 poin, dan jika salah atau tidak bisa menjawab maka poinnya tidak berkurang. Lalu soal akan dilempar kepada kelompok lainnya

Sesi terakhir adalah soal rebutan, di sini para peserta harus berlomba menjawab dengan memencet bel yang ada di hadapan mereka. Tim yang tercepat berdasarkan ketentuan juri, harus menjawab soal itu dengan benar dan akan mendapat 100 poin, namun jika salah akan dikurangi 50 poin.

Setelah usainya seluruh sesi, tanpa menunggu lama panitia pun mengumumkan sang juara. Tidak lupa membagikan hadiah untuk masing-masing pemenang.

Kami Tutup

Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat menambah ilmu kita dan menjadikannya berkah di sisi Allah subhanahu wa Ta’ala.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.