Hukum Salat Bagi Anak Kecil

 

Oleh Muhammad Nauval Zaki Fanani, Takmili

 

Salat hukumnya wajib bagi setiap muslim yang telah balig dan berakal. Adapun bagi anak kecil dan orang gila, maka tidak wajib sebagaimana pada hadis ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلاثَةٍ: عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الطِّفْلِ حَتَّى يَحْتَلِمَ، وَعَنِ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

“Pena diangkat dari tiga golongan: Orang yang tidur sampai dia bangun, anak kecil sampai ia berihtilam (balig), dan orang gila sampai dia berakal.” (HR. Ahmad no. 183)

 

Hukum Salat Bagi Anak Kecil

Tidak wajib salat bagi anak kecil, namun orang tuanya harus memerintahkannya untuk salat ketika dia telah berusia tujuh tahun. Sebagaimana hadis ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, ia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

Perintahkanlah anak-anak kalian untuk salat ketika sudah berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka apabila meninggalkan salat saat berusia sepuluh tahun, serta pisahlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Dawud no. 495)

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat mengenai hukum salat bagi anak kecil. Sepantasnya bagi orang tuanya untuk mengajarinya salat sejak usia dini, agar si anak terbiasa dengan kewajiban salat tersebut.

Wabillahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi wa shahbihi wa sallam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.