Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Inilah jalan kebenaran

 

Oleh Muhammad Hafizh Tahfizh

 

Kebenaran adalah suatu yang pasti, karena datangnya dari sang ilah dan melalui lisannya penutup para Nabi. Kebenaran itu walau pahit dirasa, tetapi harus diikuti. Wajib bagi seorang muslim untuk mengikuti dalil-dalil syar`i dan meninggalkan perkara-perkara yang bertentangan dengan al-Qur’an dan sunnah.

 

Kembali kepada al-Qur’an dan sunnah

Allah ta’ala berfirman,

 اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ

“Ikutilah apa yang diturunkan kepada kalian dari Rabb kalian.” (QS. al-A`raaf: 3)

Begitu pula Allah ta’ala berfirman dalam ayat lainnya,

 فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ

“Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (al-Quran) dan Rasul (sunnahnya).” (QS. an-Nisaa`: 59)

 

Jauhi mengedepankan akal dan logika

Seorang yang lebih mengedepankan akal daripada dalil-dalil syar`i, maka dia telah kafir kepada Allah ta`ala. Allah ta`ala berfirman,

 فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu sebagai hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan. Kemudian mereka tidak merasa keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. an-Nisaa`: 65)

 

Jangan tertipu dengan banyaknya orang

Imam al-Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah berkata,

 اتبع طرق الهدى ولا يضرك قلة السالكين، وإياك وطرق الضلالة ولا تغتر بكثرة الهالكين

“Ikutilah jalan hidayah (petunjuk dan kebenaran), sekali-kali tidak akan memudharatkanmu dengan sedikitnya orang yang meniti jalan tersebut. Hati-hatilah dengan jalan-jalan kesesatan dan jangan tertipu dengan banyaknya orang yang binasa (karena menempuh jalan kesesatan tersebut).” (Al-I’tisham 1/60)

 

Penutup

Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran agar kami bisa menempuhnya. Dan hinakanlah kebathilan dan pelakunya, agar kami mendapat pelajaran. Ya Allah, jadikanlah kami sebagai pembela kebenaran. Ya Allah, kokohkanlah kami di atas kebenaran hingga akhir hayat kami. Semoga bermanfaat, wallahu ‘alam.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.