MUFIDS (Mutiara Faedah Santri)

ta'lim

 

 

@ PHBS

Sebagai seorang thalibul ilmi, pasti sangat butuh dengan tubuh yang kuat, dan badan yang segar bugar. Mengapa, karena dengan badan yang kuat dan kokoh, proses tholabul ilmi akan berjalan lancar biidznillah.

Menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga. Itulah beberapa tips agar tubuh sehat dan kuat. Namun di sana ada hal-hal lain yang bisa menjadikan badan kuat. Dinukilkan dari Imam Ibnul Qayyim rahimahullah:

وَأَرْبَعَةٌ تُقَوِّي الْجِسْمَ: لُبْسُ الثَّوْبِ النَّاعِمِ، وَدُخُولُ الْحَمَّامِ الْمُعْتَدِلُ، وَأَكْلُ الطَّعَامِ الْحُلْوِ وَالدَّسَمِ، وَشَمُّ الرَّوَائِحِ الطَّيِّبَةِ.

“Ada empat hal yang bisa menguatkan badan: Memakai pakaian yang menyenangkan, masuk kamar mandi yang memadai, mengonsumsi makanan yang manis dan berlemak, dan mencium aroma-aroma yang harum.” (Zaadul Ma’ad)

Semoga bermanfaat.

[Ahmad Sorong, kelas 3 Takhassus]

 

@Wabah Futur Tak Kunjung Reda

Wahai kawanku, mengapa kalian selau malas ketika belajar. Apa hanya karena orang tua saja membuat kalian lupa ilmu dan hafalan? Duhai, andaikan kau tahu ilmu itu lebih baik dibanding pulang hanya tuk liburan semata.

Duhai kawanku, jangan sekali-kali kalian malas tuk menerima ilmu walau yang sudah kau ketahui. Terimalah kebaikan walau di saat futur.

#Salam Thalibul Hadits

[Abu Rafi Judud]

 

@Waspada dari Pengikut Iblis

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah: “Sesungguhnya nabi Adam ketika terjatuh dalam dosa maka beliau pun bertaubat. Maka Allah pun memilihnya dan memberinya hidayah. Adapun Iblis, maka sesungguhnya dia terus-menerus di atas kemaksiatannya dan bahkan bersikeras. Maka Allah pun melaknat dan mengusirnya.

Maka barangsiapa yang bertaubat ketika terjatuh dalam dosa, ia merupakan pengikut nabi Adam. Namun barangsipa yang terus menerus bahkan bersikeras di atas dosanya, maka ia adalah pengikut Iblis.” (Majmu’ Fatawa 64/8)

[Abu Abdirrahman Zakariyya Cilacap]

 

@Suara Santri

“Hidup tak berarti tanpa thalabul imi. Tapi banyak pemuda di luar sana yang tak mengerti apa arti dari thalabul ilmi. Padahal thalabul ilmi adalah perjalanan terbaik yang bisa kau tempuh.” #Fulan_ThalibSejati_1245

“Suatu hal yang akan dilewati.. Demi membuahkan pahlawan sejati.. Yang fitnah syubhat dan syahwat datang silih berganti.. Susah senang yang akan mewarnai.. Demi meraih rida Ilahi.. Itulah thalabul ilmi.” #Oren_smg

Thalabul ilmi.. Sepenggal kalimat, tapi dibutuhkan semangat, tekad dan kesabaran untuk meraihnya.” #RAM3_BWI

[Para Santri Judud]

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.