Nasib Tragis Bangsa Yahudi di Akhir Zaman

 

Terjemah fatwa oleh Shafwan Depok, Takmili

 

Pertanyaan

Apakah hadis di bawah ini sahih?

إِنَّهُ سَيَأْتِي يَومٌ يَنْتَصِرُ المُسْلِمُونَ عَلَى اليَهُودِ حَتَّى الحَجَر الَّذِي يَخْتَفِيْ فِيْهِ يَهُودِيٌّ يَتَكَلَّمُ وَيُنَادِي بِأَنَّهُ تَحْتِي يَهُوْدِي فَاقْتُلْهُ.

“Sesungguhnya akan datang suatu zaman di mana kaum muslimin akan meraih kemenangan atas bangsa Yahudi. Sampai-sampai bongkahan batu pun, jika ada seorang Yahudi bersembunyi di baliknya, batu itu akan berbicara dan menyeru bahwa; di balik sini ada seorang Yahudi, bunuhlah dia!”

 

Jawaban

Dari Abdullah bin Umar radhiyyahu ‘anhuma dia berkata: Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تُقَاتِلُكُمُ اليَهُودُ فَتُسَلِّطُونَ عَلَيْهِمْ، ثُمَّ يَقُولُ الحَجَرُ يَا مُسْلِمُ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي، فَاقْتُلْهُ

Kaum Yahudi akan memerangi kalian dan kalian akan meraih kemenangan atas mereka. Hingga bongkahan batu akan berbicara, ‘Hai orang muslim, sesungguhnya di belakangku ada orang Yahudi, bunuhlah dia!’” (HR. al-Bukhari no. 3593)

 

Masih dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

تُقَاتِلُكُمُ اليَهُودُ فَتُسَلِّطُونَ عَلَيْهِمْ حَتَّى يَقُولَ الحَجَرُ: يَا مُسْلِمُ، هَذَا الْيَهُودِيُّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Kaum Yahudi akan memerangi kalian dan kalian akan meraih kemenangan atas mereka, sampai-sampai batu pun akan berbicara, ‘Hai orang muslim, sesungguhnya di belakangku ini ada orang Yahudi, bunuhlah dia!’” (HR. Ahmad no. 6366 dan At-Tirmidzi no. 2237, kata beliau: Hadis ini Hasan Shahih)

 

Datang juga dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

يَنْزِلُ الدَّجَّالُ فِي هَذِهِ السَّبَخَةِ بِمَرِّقَنَاةَ، فَيَكُونُ أَكْثَرَ مَنْ يَخْرُجُ إِلَيْهِ النِّسَاءُ، حَتَّى إِنَّ الرَّجُلَ لَيَرْجِعُ إِلَى حَمِيمِهِ وَإِلَى أُمِّهِ وَابْنَتِهِ وَأُخْتِهِ وَعَمَّتِهِ، فَيُوثِقُهَا رِبَاطًا، مَخَافَةَ أَنْ تَخْرُجَ إِلَيْهِ، ثُمَّ يُسَلِّطُ اللهُ الْمُسْلِمِينَ عَلَيْهِ، فَيَقْتُلُونَهُ وَيَقْتُلُونَ شِيعَتَهُ، حَتَّى إِنَّ الْيَهُودِيَّ، لَيَخْتَبِئُ تَحْتَ الشَّجَرَةِ أَوِ الْحَجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوِ الشَّجَرَةُ لِلْمُسْلِمِ: هَذَا يَهُودِيٌّ تَحْتِي فَاقْتُلْهُ

“Dajjal akan turun di lembah ini di dan berjalan menyusuri sungainya. Maka yang paling banyak mengikutinya adalah para wanita. Sampai-sampai ada seorang lelaki yang pulang menemui kerabat dekat, ibu, anak perempuan, saudari, dan bibinya, untuk menahan mereka agar tidak mengikuti Dajjal.

Kemudian Allah akan memenangkan kaum muslimin, mereka pun menyerang Dajjal dan bala tentaranya. Hingga akhirnya jika ada seorang Yahudi yang bersembunyi di balik batu atau pohon, batu atau pohon tersebut akan berbicara, ‘Hai orang muslim, sesungguhnya di belakangku ada orang Yahudi, bunuhlah dia!’” (HR. Ahmad dalam Musnadnya)

 

Ibnu Majah juga meriwayatkannya dari sahabat Abu Umamah al-Bahili dalam hadis tentang al-Masih ad-Dajjal.

Wabillahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi wa shahbihi wa sallam.

 

Sumber: Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhutsil ‘Ilmiyyati wal Ifta’, pertanyaan ke-2 dari fatwa no. 5775

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.