Angan-Angan Kosong Yahudi – Mengenal Karakter Jahiliah (Bag. 6)

Angan-angan yahudi

 

Oleh Reyhan Himawan, Takmili

 

Kaum Yahudi dan Nasrani bersandar dengan angan-angan dusta, mereka berharap kepada Allah berupa angan-angan kosong. Sebagaimana Allah Taala katakan tentang angan-angan Yahudi dan Nasrani:

لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلَّا أَيَّامًا مَعْدُودَةً

“Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali hanya hari-hari yang terhitung (sebentar saja).” (QS. al-Baqarah: 80)

 

Inilah angan-angan kosong kaum Jahiliah dari kalangan Yahudi dan Nasrani, maka Allah bantah keyakinan mereka dengan firman-Nya:

قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ (80) بَلَى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Katakanlah, apakah kalian sudah menerima janji Allah, sehingga Allah tidak mengingkari janji-Nya, ataukah kalian mengatakan tentang Allah, sesuatu yang tidak kalian ketahui? Bukan demikian! Barang siapa berbuat keburukan dan dosanya telah menenggelamkannya, maka mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. al-Baqarah: 80-81)


Baca Juga: Menyembelih Kurban di Sisi Kuburan – Mengenal Karakter Jahiliah (Bag. 5)


Begitu pula Allah Taala bantah angan-angan kosong mereka di dalam ayat yang lainnya

لَيْسَ بِأَمَانِيِّكُمْ وَلَا أَمَانِيِّ أَهْلِ الْكِتَابِ مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِهِ وَلَا يَجِدْ لَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا

“Bukan dengan angan-angan kalian dan angan-angan ahlul kitab, barang siapa yang beramal kejelekan, pasti akan dibalas dengan kejelekan pula dan tidak mendapatkan wali dan penolong selain Allah.” (QS. an-Nisa: 123)

Demikianlah angan-angan kosong kaum Jahiliah, semoga Allah menyelamatkan kita semua dari akhlak dan karakter kaum Jahiliah. Aamiin

 

Sumber: Syarh Masail al-Jahiliyah karya Syaikh Shalih bin Fauzan hafidzahullah.


Artikel Kami: Prinsip Islam Terhadap Yahudi dan Nasrani


 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.