Gambaran Singkat Program PKL di Ma’had Minhajul Atsar

Gambaran PKL MInhajul Atsar

 

Oleh Tim Jurnalistik Pesantren

 

Alhamdulillah, dengan izin Allah Ma’had Minhajul Atsar Jember memiliki banyak program-program yang bermanfaat. Di antaranya adalah PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Program PKL di Ma’had Minhajul Atsar telah dimulai sejak tahun 2014. Santri di jenjang Takhasus akan dikirim ke daerah-daerah terpencil di luar kota dan berbaur dengan masyarakat. Atau dikirim ke ma’had-ma’had ahlussunnah di daerah lain dan bergaul dengan santri serta ikhwan-ikhwan di sana.

Jadwal PKL adalah dengan memanfaatkan momen liburan semester ganjil. PKL di Ma’had Minhajul Atsar rutin dilakukan pada setiap tahunnya, walaupun sempat terhenti karena adanya wabah pandemi Covid-19.

Program ini bertujuan untuk melatih para santri agar lebih dewasa, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengamalkan apa yang telah dipelajari selama ini secara langsung.

Pada saat PKL, santri akan belajar berkomunikasi dengan masyarakat, mendidik, menyelesaikan sebuah permasalahan, dan hal-hal bermanfaat lainnya, insyaAllah.

 

Gambaran Persiapan PKL

Untuk pembagian lokasinya, kelas 2 akan menuju pondok-pondok ahlussunnah di daerah lain. PKL ini dinamakan dengan PKL-Tarbiah. Sedangkan kelas 3 dan 4 akan berangkat ke daerah-daerah terpencil dan terjun ke masyarakat yang notabene awam. PKL ini akhirnya disebut dengan PKL-SPN (PKL Santri Peduli Negeri).

Persiapan demi persiapan dilakukan, baik hissi maupun maknawi. Persiapan hissi semisal pendanaan, dan persiapan barang-barang kebutuhan selama PKL. Adapun persiapan maknawi berupa niat yang lurus dan pembekalan materi oleh ustadz-ustadz.

Khusus kelas 2 yang akan PKL di ma’had-ma’had, mereka mendapatkan kesempatan untuk magang internal terlebih dahulu. Ya, mereka menjalani magang internal ke 3 lembaga di Ma’had Minhajul Atsar. Mulai dari lembaga Tarbiyatul Aulad (setingkat TK), Madrasah Tahfizh Terpadu (setingkat SD) dan Tahfizhul Quran (setingkat SMP).

Semoga Allah mudahkan program ini dan Allah mudahkan para santri yang menjalaninya untuk bisa menjadi orang-orang yang bermanfaat. Serta Allah berikan kebaikan kepada para ustadz yang selalu sabar di dalam mendidik santri dan umat.


Baca Juga:


=====©=====

📡 Kanal Resmi Ma’had Minhajul Atsar Jember

📟 Join Telegram
https://t.me/mahadminhajulatsarjember

💻 Situs Resmi:
https://www.minhajulatsar.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.