Hadapi Masalah dengan Salat

 

Oleh Hannan Majid Purwokerto, Takhasus

 

Saudara-saudaraku para pembaca yang semoga senantiasa dalam perlindungan Allah Taala…

Sudah menjadi perkara yang lumrah bagi setiap muslim, bahwa salat lima waktu adalah amal ibadah yang sangat agung di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Keutamaan-keutamannya bukan hal yang asing lagi bagi kita. Oleh karena itulah, Allah mensyariatkan berbagai amalan untuk menyempurnakannya, baik berupa zikir, salat-salat rawatib, atau pun yang lainnya. Semua ini tentu menjadikan kita sadar dan mengerti akan mulianya ibadah yang satu ini.

 

Salat, Salah Satu Cara Meraih Pertolongan-Nya

Semua yang kita kerjakan tidak akan dapat terlaksana dengan baik kecuali dengan pertolongan dari Allah Taala. Urusan rumah tangga kita, pendidikan kita, talabul ilmi kita, sampai pun pada urusan ladang dan pertanian kita, semua itu tidak akan terwujud dan terlaksana kalau Allah tidak membantu dan menolong kita.

Di dalam sebuah ayat yang tak jarang kita dengar, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِين

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah: 45)

Selain dengan kesabaran kita meminta tolong kepada Allah Taala, kita pun meminta tolong kepada-Nya dengan cara mengerjakan salat. Salat dengan menyempurankan berbagai rukun dan kewajibannya serta dengan melaksanakan setiap syarat yang ada padanya.

 

Coba Koreksi Salat Kita!

Mungkin banyak kegagalan yang kita jumpai dalam hidup kita, mungkin banyak masalah dalam rumah tangga kita, atau mugkin banyak hal yang terlewat dari kita. Bisa jadi semua masalah itu datang karena seringnya kita lalai dalam salat, sehingga Allah tidak menurunkan pertolongan-Nya kepada kita.

Maka dari itu, mari kita koreksi salat-salat kita, demikian pula tak lupa istri dan anak-anak kita. Semoga dengan sebab itu, Allah menurunkan pertolongan-Nya kepada kita semua. Wallahu a’lam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.