Hal-Hal yang Harus Diyakini Setiap Muslim

 

Terjemahan fatwa oleh Rafi Sorowako, Takmili

 

Pertanyaan

Apa saja keyakinan yang harus diimani seorang muslim?

 

Jawaban

Beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya dan beriman kepada hari akhir serta takdir-Nya yang baik ataupun yang buruk, yang terasa manis maupun pahit, dengan keimanan yang sesuai dengan apa yang telah Allah dan Rasul-Nya jelaskan dalam kitab dan sunnahnya.

Bersamaan dengan melakukan kewajiban rukun Islam yang lima dan beriman dengannya. Yaitu Syahadat laa ilaha illallah wa anna muhammadar Rasulullah, menegakkan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan dan berhaji ke baitullah.

 

Juga meyakini bahwasannya hanya Allah Taala-lah satu-satunya yang berhak disembah, bukan yang lainnya. Inilah makna syahadat laa ilaha illallah, artinya tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah Taala. Sebagaimana yang Dia katakan pada surat al-Hajj (artinya):

“(Kuasa Allah) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah, Dialah Rabb (sesembahan) Yang Benar, dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain Allah, itu adalah batil.” (QS. Al-Hajj: 62)

 

Ia juga mengimani nama dan sifat-sifat Allah, yang tertera di dalam al-Qur’anul Azhim dan sunnah yang sahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dia mengimani dan menetapkannya untuk Allah sesuai dengan keagungan-Nya, sebagaimana firman Allah Taala (artinya):

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. asy-Syura: 11)

 

Sumber: Fatawa Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts wal Ifta’, pertanyaan ke-2 dan ke-4 dari fatwa no. (8943)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.