Jalan Kebenaran

rel

 

Oleh Dawud Malang Takhasus

 

Banyaknya perselisihan di tengah umat Islam menuntut kita memiliki mizan (timbangan) dalam menghadapi segala permasalahan. Pada tulisan ini kami akan menyebutkan fatwa para ulama negeri Saudi yang tergabung dalam Lajnah ad-Daimah, di dalamnya terdapat nasehat yang indah tatkala mendapati banyaknya perselisihan.

Pertanyaan:

Bagaimana pendapat para ahli fikih dan ulama ahli hadits serta orang-orang yang bertauhid terhadap seseorang yang lebih mendahulukan akal daripada naql (al-Qur`an dan sunnah)?

Dia pun menentang, sombong serta mengira bahwa akal adalah sumber rujukan untuk segala sesuatu. Apabila disampaikan kepadanya sebuah hadits walaupun hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Imam Muslim, dia mengkritiknya dan menyimpangkan kepada makna yang salah, keluar dari makna yang benar. Sehingga dengan itu mereka mencela lafadz hadits-hadits.

Apakah yang seperti ini termasuk kebenaran atau bahkan kesesatan yang nyata? Berilah faedah kepada kami dengan mengharap pahala pada suatu hari (ketika) setiap hamba datang untuk membela dirinya sendiri.

Jawaban:

Yang wajib bagi seorang muslim adalah mengikuti dalil-dalil syar`i dan meninggalkan perkara-perkara yang bertentangan dengan al-Qur’an dan sunnah dari akal yang relatif. Allah Ta`ala berfirman,

اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ

“Ikutilah apa yang diturunkan kepada kalian dari Rabb kalian.” (QS. al-A`raaf: 3)

فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ

“Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (al-Quran) dan Rasul (sunnahnya).” (QS. an-Nisaa`: 59)

Sehingga seseorang yang lebih mengedepankan akal daripada dalil-dalil syar`i, dia telah kafir kepada Allah Ta`ala. Allah Ta`ala berfirman,

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu sebagai hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan. Kemudian mereka tidak merasa keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. an-Nisaa`: 65)

Taufik hanyalah dari Allah, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabat beliau.

[Disarikan dari Kumpulan Dewan Fatwa Komisi Tetap Urusan Riset Ilmiah no. 18838]

فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

الفتوى رقم 18838

س: ما يقول فقهاء الدين وعلماء المحدثين وجماعة الموحدين، فيمن قدم العقل على النقل، وحاج وكابر وزعم أن العقل هو مرجع كل شيء، وإذا أتاه حديث صحيح – حتى ولو كان في البخاري ومسلم – رأيته يعرض عنه إعراضا ويلتمس له طرق تأويل فاسدة تخرج عن ظاهر الحديث، وصاروا بذلك يطعنون في متون الأحاديث. فهل هذا هو الحق أم هو الضلال المبين؟ أفيدونا بجواب رجاء الثواب يوم تأتي كل نفس تجادل عن نفسها

ج: الواجب على المسلم اتباع أدلة الشرع ونبذ ما عارضها من العقليات المزعومة، قال تعالى: {اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ}  ، وقال تعالى: {فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ}  ، والذي يقدم العقل على الشرع يكون كافرا بالله عز وجل، قال تعالى  {فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا}

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.