Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Memilih teman sejak dini

 

Oleh Ibrahim Batam Pra Tahfizh

 

Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memilih teman. Karena pertemanan sangat berpengaruh dalam kehidupan seorang hamba. Berikut ini kami akan menyampaikan bimbingan al-Qur’an, as-Sunnah, dan ulama. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

Bimbingan al-Qur’an

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur.” (QS. At-Taubah: 119)

 

Bimbingan as-Sunnah

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِل

“Kondisi agama seorang tergantung pada agama teman akrabnya. Maka dari itu, hendaknya salah seorang dari kalian memerhatikan siapa yang dijadikan sebagai teman akrab.” (HR. Abu Dawud, dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu)

 

Bimbingan ulama

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata: “Jika engkau melihat seorang pemuda di awal masa tumbuh kembangnya bersama ahlus sunnah, optimislah akan keadaannya di kemudian hari. Namun, jika engkau melihat awal masa tumbuh kembangnya bersama ahlul bid’ah, pesimislah akan keadaannya di kemudian hari.” (Al-Adab Asy-Syari’ah Karya Al-Imam ibnu Muflih 3/77)

 

Penutup

Mudah-mudahan pembahasan ini tergolong amal sholih dan menjadikan ilmu kami bermanfaat. Amin

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.