Mengenal sariyah

 

Oleh Panitia Liburan Syawal Santri

 

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan kepada kita berbagai macam bentuk kemudahan. Di antaranya adalah kemudahan di dalam pembentukan panitia liburan Syawal 1442 H di Ma’had Minhajul Atsar yang semoga Allah selalu menjaganya.

Adapun yang terlibat di dalam panitia liburan Syawal kali ini adalah para santri dari lembaga takhassus kelas 4. Mereka menamakan kegiatan Syawalan kali ini dengan nama “SARIYAH” singkatan dari SyAwal meRIYAH. Harapannya berbagai agenda yang akan kita lakukan pada acara Syawalan kali ini akan lebih seru, meriyah, dan lebih membangkitkan semangat belajar dari sebelumnya.

 

 

Nilai-nilai kegiatan

Setiap kegiatan yang akan diselenggarakan oleh panitia lomba SARIYAH tidak boleh keluar dari aturan al-Quran dan as-Sunnah serta harus mengandung nilai edukatif (bersifat ilmiyah dan mendidik), membangun ukhuwwah dan kekompakan, menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran, menghibur dan menarik, serta menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19.

 

Target sasaran kegiatan

Adapun target sasaran pada kegiatan Syawalan tahun ini meliputi seluruh elemen santri, baik dari lembaga Tahfizh, Takmili, Takhassus, sampaipun para musyrif (para pembimbing). Harapannya seluruh santri bisa memiliki perasaan yang sama ketika melewati masa liburan ini. Senang maupun susah dalam menjalani kegiatan bersama.

 

Konsep kegiatan

Kegiatan menggunakan konsep juara umum. Yaitu akumulasi poin dari semua kegiatan yang dilakukan. Jadi, juara berdasarkan perolehan poin terbanyak. Harapannya dengan konsep ini, setiap kelompok/peserta termotivasi untuk memenangkan semua perlombaan. Akhirnya perlombaan berlangsung dengan seru, karena didukung oleh kemauan yang tinggi. Nilai keseruannya tidak berbeda signifikan antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

 

Ragam kegiatan

Kegiatan yang akan diselenggarakan tidak hanya bersifat perlombaan saja.  Tetapi, ada bentuk kegiatan lainnya yang bersifat ukhuwah, seperti: “RAHMAH” dan “MAWADDAH”.

 

Berikut adalah ragam kegiatan Syawalan tahun ini:

  1. Kegiatan yang bersifat ukhuwah
  • RAHMAH (RAmaH taMah Antar thalabaH).
  • MAWADDAH (MerekAt ukhuWAh Dengan ziyarAH).
  1. Kompetisi olahraga
  • Sepak Bola.
  • Badminton.
  • TAJRI (Thalib jago lari).
  1. Musabaqah ilmiyah
  • MIK (Musabaqah Istima’ Kalamil Ulama).
  • Cerdas cermat.
  • RAWAHU (Raqmul AWal HUwa).
  1. Permainan edukatif dan kekompakan
  • Lomba masak konsep baru.
  • SARI’U (SAntri beRanI majU).

 

 

Pembagian kelompok

Pada perlombaan Syawalan kali ini, para santri terbagi menjadi dua kelas:

  1. Kelas senior: mereka adalah santri yang terdiri dari lembaga Takmili, Takhasus, dan Musyrif.
  2. Kelas Junior: mereka adalah santri yang terdiri dari lembaga tahfizh.

Kelas senior terbagi menjadi 4 kelompok yang telah ditentukan oleh panitia. Dan nama dari setiap kelompok mengambil dari nama sebagian ta’awun yang ada di Ma’had Minhajul Atsar Jember. Berikut adalah nama kelompok dari kelas senior beserta pesertanya:

  1. Tim RO : Takmili
  2. Tim Mlijo : Kelas 1 dan 2 Takhasus
  3. Tim Dapur : Kelas 3 Takhasus
  4. Tim Luqathah : Kelas 4 dan Musyrif

Begitu juga dengan kelas junior, mereka akan terbagi menjadi 4 kelompok yang telah ditentukan oleh musyrif. Tetapi, peserta dari setiap kelompok tidak sesuai urutan kelas. Berikut adalah pembagian kelompoknya:

  1. Tim SAR
  2. Tim Kantin
  3. Tim at-Tin
  4. Tim Keamanan

 

 

 

Kelompok sepak bola

Adapun pada pertandingan sepak bola terdapat perbedaan. Yaitu kelompok akan dibagi menjadi 6 kelompok. Lembaga Takhasus akan terbagi sesuai kelas masing-masing, adapun lembaga Tahfizh akan terbagi tidak sesuai kelas mereka. Berikut adalah nama-nama kelompok dari kelas senior dan junior:

Kelas Senior: Syam (kelas 1), Baghdad (kelas 2), Kairo (kelas 3), Emesa (kelas 4), Bukhara (Takmili), dan Thaif (Musyrif)

Kelas Junior: Madinah, Makkah, Riyadh, Kuwait, Maroko, dan Damaskus.

 

Program kerja perlombaan

Dalam semua perlombaan, setiap kelompok mengirim perwakilannya untuk menjadi peserta lomba. Hendaknya yang dipilih adalah ahli di bidangnya. Demi kemenangan dan keseruan perlombaan, diperlukan kordinasi per kelompok yang maksimal dan komitmen untuk mengikuti lomba ini dari awal sampai akhir. Sehingga harapannya para peserta terhibur dengan keikutsertaannya dalam lomba dan penonton yang tidak ikut lomba pun akan terhibur dengan keseruan yang disajikan peserta lomba.

 

Harapan

Semoga Allah Ta’ala melancarkan setiap kegiatan-kegiatan di Syawal 1442 H ini. Menjaga dan melindungi kita semua dari segala musibah yang akan menimpa agama maupun dunia kita. Amin

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Promo Qurbani