Meraih Keutamaan Dari Niat Ikhlas Membaca Al-Qur’an

Oleh: Abu Abdirrahman Rezky Al-Paluwy, Tahfizh Mutawassith

Sahabatku fillah…

Yang namanya santri, identik dengan segala sesuatu yang beraroma ketaatan kepada Allah Ta’ala. Di antara ketaatan yang paling tampak adalah membaca al-Qur’an. Sebuah kenikmatan tentunya, ketika seseorang hidup di atas ketaatan kepada Allah ‘Azza Wajalla.

Seorang santri tak kan terlepas dari al-Qur’an dalam kesehariannya. Dari membaca, menghafal, memuraja’ah hafalannya, hingga mempelajari makna dan kandungan ayat-ayatnya.

Banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan membaca al-Qur’an. Seorang yang membaca al-Qur’an akan diberi ganjaran berupa pahala yang banyak. Namun, perlu kita ingat bersama, membaca al-Qur’an adalah ibadah. Nah, ibadah tersebut memiliki syarat agar diterima oleh Allah Ta’ala. Syarat itu adalah ikhlas mengharap wajah Allah, dan sesuai dengan bimbingan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَانَوَى

Hanya saja amalan itu tergantung dari niatnya, dan hanyalah setiap orang akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang ia niatkan” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sahabatku fillah…

Oleh karena itulah, handaknya kita senantiasa memperbaiki niat kita ketika membaca al-Qur’an. Karena jika kita ikhlas, maka kita akan memperoleh pahala yang amat banyak, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لاَ أَقُولُ الْم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Coba kita bayangkan sahabatku, jika kita mambaca satu ayat saja sudah mendapat satu kebaikan, dan bahkan akan dilipatgandakan sampai sepuluh kali lipat, apalagi jika kita mambaca satu ayat atau satu surat, subhanallah… betapa besar kasih sayang Allah Subhanahu Wata’ala terhadap hamba-Nya.

Jadi, ingatlah selalu wahai sahabatku… membaca al-Qur’an adalah amalan besar nan mulia. Jangan sampai kita lupa untuk mengikhlaskan niat ketika membacanya, agar kita bisa meraih keutamaanya.

Allahul Muwaffiq.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.