Persiapan Jelang Muhadharah Teleconfrence

 

Oleh Tim Reportase Santri

 

Menjelang berlangsungnya kajian ilmiah muhadharah teleconfrence bersama Syaikh Abdullah bin Shalfiq azh-Zhafiri hafizhahullahu Ta’ala, para santri nampak antusias dan bahagia. Begitu pula salafiyyun di seluruh Indonesia, mereka turut berbahagia dengan adanya muhadharah yang datang sebagai kabar gembira ini.

Beberapa hari sebelum jadwal yang ditentukan, para pengurus berbagai ma’had di seluruh Indonesia beserta admin berbagai media dakwah turut menyebarkan poster muhadharah. Di ma’had ini sendiri, poster itu ditempel di depan kantor Lembaga Takhasus agar para santri dari semua lembaga dapat membacanya.

Bergantian mereka membaca poster yang tertempel dalam dua versi bahasa itu. Setiap hendak berangkat masjid atau kapan pun melintas di depan kantor, selalu ada saja yang mampir berhenti sejenak untuk membaca poster itu. Nampaknya muhadharah ini betul-betul menarik perhatian mereka.

Poster Muhadharah Teleconfrence

 

Panitia Kegiatan

Sebagai ‘tuan rumah’ yang menyiarkan muhadharah, Ma’had Minhajul Atsar terlihat sangat sibuk. Mereka membentuk sebuah kepanitiaan untuk melancarkan kegiatan ini. Mencakup panitia bagian siaran, perekaman, sound system, hingga sarana prasarana. Kegiatan ini juga melibatkan tim tasjilat as-Salafy, tim radio Minhajul Atsar, tim website Manhajul Anbiya’, dan lain sebagainya.

Dua hari sebelum pelaksaan kegiatan, panitia telah melakukan rapat koordinasi teknis. Rapat ini merupakan miniatur yang menggambarkan jalannya kegiatan nanti.

 

Semalam sebelum hari H, panitia juga telah melakukan geladi resik di tempat kegiatan dan siaran (Masjid Ma’had Minhajul Atsar), yang langsung melibatkan pemateri, yaitu Syaikh Abdullah bin Shalfiq azh-Zhafiri hafizhahullahu Ta’ala.

Di akhir kegiatan beliau sempat memberikan nasehat ringkas kepada para pelaksana. Para santri yang mendengarkan nasehat itu melalui speaker di masjid, mereka mengira bahwa jadwal muhadharahnya dimajukan.

Rencananya, sebelum magrib nanti, panitia akan kembali melakukan geladi resik untuk yang kedua kalinya.

 

Sambutan Santri

Untuk kegiatan muhadharah ini, nantinya seluruh santri dari semua lembaga akan ikut serta mendengarkannya di masjid.  Muhadharah ini juga akan disalurkan ke asrama putri (TN), agar mereka bisa mendengarkannya di sana.

Para santri yang berasrama di ma’had dua, mereka juga akan turut serta mengikuti kegiatan muhadharah ini. Seusai salat asar, tim transportasi ma’had akan menjemput mereka menggunakan mobil.

Untuk kegiatan ini pula, maqshaf (koperasi) ma’had yang biasanya buka selepas isya, namun pada malam ini akan tutup. Para santri bisa memaksimalkan waktu belanja di siang dan sore hari.

Poster Muhadharah yang Tertempel di Depan Kantor Takhasus

 

Semoga Mendatangkan Berkah

Demikian suasana di ma’had ini beberapa saat menjelang berlangsungnya muhadharah. Semoga kegiatan ini menjadi sebab datangnya keberkahan kepada kita., terlebih di masa-masa seperti ini. Yang kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

البَرَكَةُ مَعَ أَكَابِرِكُمْ

“Keberkahan ada pada orang-orang besar (ulama senior) diantara kalian.” (HR. Ibnu Hibban dan disahihkan oleh Imam Albani dalam as-Shahihah no.1778) Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Promo Qurbani