Sabar! Semua ada hikmahnya

 

Allah Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Hikmah. Oleh karena itu, Dia menamai diri-Nya sebagai al-Hakim, maknanya Maha Luas Hikmah-Nya. Keadilan-Nya mencakup segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Baik itu bersangkutan dengan ciptaan, pengaturan, atau fenomena alam yang terjadi di dunia ini. Semua tak luput dari hikmah dan pengetahuan-Nya.

Bisa jadi seorang menganggap suatu perkara itu baik di matanya. Namun, ternyata ia gagal untuk menggapainya. Maka disaat itulah, sang hamba dituntut untuk sadar bahwa di balik itu semua ada hikmahnya.

Selaku orang yang mengaku beriman dan berislam, sudah semestinya kita harus menjadi yang terdepan, terkhusus di masa pandemi. Sudah setahun lebih kami semua–santri dan juga pengajar–belum pulang, harapan untuk bertemu handai taulan dan sanak saudara tetap membayangi langkah kami.

Sebelum pendemi, rencanapun sudah dirancang. Namun tak disangka dan tak diduga wabahpun datang. Keadaan menjadi berubah. Dan semuanya sudah Allah tentukan. Maa sya-a Allahu Kaana wa maa lam yasya’ lam yakun (Apa yang Allah kehendaki pasti akan terjadi, dan apa yang tidak Allah kehendaki tidak akan terjadi).

Akhi fillah, sadarilah! Semuanya ada hikmahnya, tanamkanlah selalu sikap kesabaran agar ujian ini berbuah pahala dan keberuntungan. Jangan sampai ujian ini membuat iman dan semangat kita kian layu. Seharusanya kita lebih semangat berdoa dan beribadah agar musibah ini lekas berlalu.

Melalui tulisan ini, semoga Allah Ta’ala memberikan keistiqamahan kepada kami dan menyelamatkan dari berbagai fitnah.

Mari kita pupuk kesabaran dan semangat di masa pandemi. Dalam surah al-Baqarah Allah Ta’ala berfirman:

عسى أن تكرهوا شيئا وهو خير لكم، وعسى أن تحبوا شيئا وهو شر لكم وااله يعلم وأنتم لا تعلمون

“Bisa jadi kalian membenci sesuatu padahal itu baik buat kalian. Bisa pula kalian mencintai sesuatu, padalah itu jelek bagi kalian. Allah Maha Mengetahui dan kalian tidak mengetahui.”

Sabar wahai saudara, semua ada hikmahnya.

Mungkin Anda juga menyukai

6 Respon

  1. Abu nasyim tholib berkata:

    Smoga allohmenjaga para santri dlm menuntut ilmu syar’ie dan juga para asatidzah smua slalu dlm ridonya Alloh kami slaku org tua santri insya alloh yakin dgn apa keputusan para asatidzah insya alloh yg terbaik buat mreka karena saya liat di luaran yg libur malah ga karuan tingkah lakunya jauh dr ilmu dan ahlak nya sgt rendah mudhn alloh memberikan hidayah nya pada sluruh umat muslim aamiin

    • Admin 2 berkata:

      Amiin

      Barakallahufikum

      Semoga Allah menjaga semua santri di manapun mereka berada dan diberikan istiqamah untuk belajar ilmu agama berikut mengamalkannya serta mendakwahkannya secara hikmah

  2. Abu nasyim tholib berkata:

    Smoga alloh menjaga para santri dlm menuntut ilmu syar’ie dan juga para asatidzah smua slalu dlm ridonya Alloh kami slaku org tua santri insya alloh yakin dgn apa keputusan para asatidzah insya alloh yg terbaik buat mreka karena saya liat di luaran yg libur malah ga karuan tingkah lakunya jauh dr ilmu dan ahlak nya sgt rendah mudhn alloh memberikan hidayah nya pada sluruh umat muslim aamiin

    • Admin 2 berkata:

      Amiin

      Barakallahufikum

      Semoga Allah menjaga semua santri di manapun mereka berada dan diberikan istiqamah untuk belajar ilmu agama berikut mengamalkannya serta mendakwahkannya secara hikmah

  3. Tsabit berkata:

    Smoga kt digolongkan sbg hambanya selalu ridho dg kputudan Nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.