Suplemen Nikmat, Santri Makin Sehat

Prokes Minhajul Atsar

 

Oleh Tim Reportase Santri

 

Hawa dingin sedang tak seperti biasanya. Hari-hari ini ia lebih menusuk masuk melalui celah di pori-pori. Menyebabkan sebagian santri turun imunitas, flu, dan sebagainya. Bisa jadi ini merupakan pertanda musim pancaroba yang sedang terjadi di Indonesia. Semua santri di PP. Minhajul Atsar, bahkan mungkin seluruh lapisan masyarakat dapat merasakannya.

Suasana yang demikian serta cuaca yang tak bersahabat ini memicu pihak ma’had untuk mengaktifkan kembali pembuatan suplemen bagi para santrinya, baik putra maupun putri. Sebagai bentuk perhatian ma’had terhadap imunitas mereka yang akhir-akhir ini mulai menurun.

 

Suplemen untuk Para Santri

Mulai dari Hari Kamis hingga Sabtu, 16-18 Rajab 1443 Hijriah bertepatan dengan 17-19 Februari 2022, tim suplemen bergerak. Mereka terdiri dari santri Takhasus kelas 3 dengan ketuanya santri asal Wates. Alhamdulillah, terbentuklah tim ini melalui musyawarah pihak ma’had.

Pembuatan suplemen dilakukan 2 kali dalam sehari. Dengan kepiawaian mereka, menunya pun dapat bervariasi. Sehingga, bi idznillah seluruh santri dapat menikmati suplemen tersebut dengan semangat tanpa bosan. Tidak ada satu pun keluhan yang terlontar dari lisan mereka.

Di antara menu yang dapat mereka rasakan adalah; kunir asem, secang, jeruk nipis, susu jahe, bunga telang dengan campuran sere, dan kombinasi dedaunan berkhasiat semisal daun alpukat, daun jambu, daun pandan, serta meniran.


Baca Juga: Kasus Omicron Nasional Meningkat, PP. Minhajul Atsar Sigap Tingkatkan Prokes


Dengan semangat tim suplemen berbuat untuk umat. Waktu, tenaga, serta pikiran mereka korbankan. Semua itu demi meraih pahala di sisi-Nya. Dengan menjalankan perintah-Nya yang terdapat di dalam salah satu ayat al-Quran:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى

“Saling tolong-menolonglah dalam kebaikan dan takwa.” (QS. al-Maidah: 2)

***

Alhamdulillah, suplemen telah siap saji.. Tafadhal bagi setiap perwakilan kelas untuk dapat mengambilnya di depan kamar 3 Takhasus..” Demikian pengumuman dari tim Kantor Takhasus setiap kali suplemen telah matang. Pengumuman ini ditujukan kepada seluruh santri mulai dari Tahfizh, Takmili, maupun Takhasus. Tim suplemen juga mengantarkan suplemen buatannya untuk santriwati TN melalui transit.

Hingga kini, para santri masih dapat merasakan nikmatnya suplemen, walaupun tidak sesering hari-hari sebelumnya di atas.

 

Harapan dan Doa

Semoga Allah Taala membalas kebaikan tim suplemen atas lelah dan jerih payah yang mereka lakukan. Kita berharap agar Allah Taala senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua, baik kesehatan lahir maupun batin.

Terakhir, semoga Allah Subhanahu wa Taala mengaruniakan kepada kita semua taufik untuk dapat selalu bersyukur kepada-Nya. Sehingga kita dapat beribadah kepada-Nya dengan sebaik mungkin.

Allahumma aínna ála dzikrika wa syukrika wa husni íbadatika. Amin ya Rabbal álamin , innaka waliyyu dzalika wal Qadiru ála kulli syai’..


Artikel Kami: Benarkah Qusthul Hindi Berkhasiat Untuk Covid-19?


Penulis: Abu Khalid Haidar Surakarta, Takhasus

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Promo Qurbani