Agar mendapatkan kelulusan saat ujian

 

Oleh Ahmad Syafiq 4A Takhasus

 

Di kala tempaan dan ujian menghampiri

Orang yang sukses adalah orang yang bersabar di kala ujian dan cobaan menghampirinya. Hatinya tabah dan ridha dengan segala yang Allah Ta’ala takdirkan. Keimanannya tak menjadi surut karenanya. Sementara lisannya jauh dari keluh kesah, bahkan bibirnya senantiasa dibasahi oleh lantunan:

 

 إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“Sesungguhnya kami milik Allah dan hanya kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Sebagaimana firman Allah Subhanhu wa Ta’ala:

 

وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (۱۵۵) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (۱۵٦)   

“Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang  yang bersabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa innaa ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah Dan hanya kepada-Nyalah kami dikembalikan).”  (QS. al-Baqarah: 155-156)

 

Pahala besar bagi orang yang bersabar

Pahala yang Allah ‘Azza wa Jalla karuniakan kepada orang-orang  yang bersabar, yaitu sebagaimana firman Allah Ta’ala melanjutkan ayat di atas,

 

أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

“Mereka itulah orang-orang yang mendapatkankan shalawat dan rahmat dari Rabb mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 157)

 

Para pembaca yang mulia, mutiara-mutiara hikmah yang terkandung dalam firman Allah Ta’ala di atas merupakan prinsip utama bagi seorang muslim yang mendambakan ridha Ilahi, baik di dunia maupun di akhirat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.