Anugerah kesabaran

 

Oleh Kiki Waliyyullah Bengkulu Takhasus

 

Pembaca yang semoga dirahmati oleh Allah Ta’ala. Di antara kemudahan yang Allah berikan kepada seorang hamba adalah sifat untuk bersabar tehadap suatu masalah yang sedang dihadapi. Sabar merupakan salah satu dari akhlak yang terpuji. Dengan sabar, seorang hamba diperintah oleh Allah untuk meminta pertolongan kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

 

Dari ayat di atas kita tahu, bahwa Allah itu bersama orang-orang yang sabar. Dengan izin Allah, seorang hamba akan dimudahkan urusannya meskipun dalam keadaan sulit ketika dia berusaha untuk bersabar. Allah Ta’ala berfirman,

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا .إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Asy-Syarh: 5-7)

Di dalam ayat di atas Allah Ta’ala mengulangnya dua kali. Hal ini menunjukkan penekanan bahwa meskipun seorang hamba pada posisi sulit namun dia berusaha bersabar pasti ada kemudahan.

 

Faedah ayat di atas

Sedikit mengulang faedah yang mungkin banyak dari para santri telah mengetahuinya, namun tak mengapa lah untuk diulang, karena ilmu akan menjadi kokoh dengan selalu diulang-ulang.

Pada ayat di atas kita bisa mengetahui bahwa kata العسر berbentuk ma’rifah yang menunjukkan satu, sedangkan kata يسرا berbentuk nakiroh yang memberikan faedah kemudahan itu banyak tidak hanya satu.

Dapat kita simpulkan bahwa ketika seorang hamba ketika tertimpa sesuatu yang tidak disukainya berupa ujian atau cobaan, dia akan berusaha untuk bersabar karena yakin disetiap kesulitan akan ada banyak jalan kemudahan.

 

Akhir kata

Semoga Allah Ta’ala memudahkan kita untuk berakhlak dengan sifat yang mulia ini. Akhir kata, semoga Allah Ta’ala menjadikan kita termasuk dari hamba-hamba-Nya yang bersabar dengan kesabaran yang baik. Sebagaimana hal ini diperintahkan oleh Allah kepada Rosul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah berfirman,

فَاصْبِرْ صَبْرًا جَمِيلا

“Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik.” (QS. Al-Ma’arij: 5)

Wallahu a’lam…

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.