Lima Cara Agar Amalan Jadi Sempurna

 

Oleh Salman Abul Abbas Palu, Pra Tahfidz

 

Siapa yang tidak mau amalannya menjadi sempurna? Pasti tidak ada yang mengharapkan demikian. Tapi sudahkah kita menempuh sebab-sebab yang akan mengantarkan kepada kesempurnaan sebuah amalan?

 

Lima Unsur Yang Harus Terpenuhi

Berikut ini kami mencoba membawakan perkataan imam yang mulia, Abu Abdillah an-Nabaji rahimahullah Ta’ala, beliau berkata:

“Ada lima karakter dengannya akan sempurna suatu amalan:

  1. Keimanan disertai pengetahuan yang benar tentang Allah.
  2. Mengenal al-haq (kebenaran).
  3. Mengikhlaskan seluruh amalannya hanya untuk Allah.
  4. Beramal sesuai sunnah Rasulullah.
  5. Makan dari makanan yang halal.

 

Menjadi Sia-Sia

Apabila salah satu dari lima unsur ini hilang, maka tidak akan terangkai amalan-amalannya. Jika engkau mengenal Allah namun tidak mengetahui al-haq, maka itu tidak ada manfaatnya. Andaikata engkau mengetahui al-haq namun tidak mengenal Allah, tidak ada faedahnya.

Dan jika kita mengenal Allah, mengetahui al-haq namun tidak ikhlas dalam amalan, maka tidak ada gunanya. Atau kita mengenal Allah, mengetahui al-haq, ikhlas dalam amalan-amalan, namun tidak sesuai dengan Sunnah Rasululloh maka tidak ada faedahnya.

Andaikan keempat perkara tersebut terpenuhi, namun engkau tidak mengonsumsi makanan yang halal, tidak ada manfaatnya.” (Jami’ul Ulum wal Hikam hal 257-258)

 

Penutup

Saya menulis tulisan ini hanya untuk mengingatkan diri saya sendiri, dan juga kepada pembaca agar tidak terjatuh kepada kekurangan tersebut. Sekian dari saya semoga ilmu ini bermanfaat, amin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.