Musibah Turun Karena Takdir Allah

 

Oleh Qois Abror Kebumen

 

Wahai saudara-saudaraku para penuntut ilmu syar`i. Semangatlah kalian dalam mencari ilmu agama yang mulia ini, jangan sampai musibah ini menggoyahkan kalian dalam perjuangan kita. Bersabarlah dalam menghadapi musibah ini, karena dibaliknya pasti ada pahala dan hikmah yang sangat besar. Dan juga di baliknya ada obat dan juga penawarnya. Musibah adalah penghapus dosa dan pengangkat derajat.

Kita tahu bahwa musibah ini datang dengan takdir yang telah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk para hamba-Nya. Semakin mulia seseorang, maka akan semakin berat pula ujiannya. Oleh karenanya, kuatkanlah ibadah dan juga rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala karena seorang hamba yang hakiki adalah yang benar-benar menghambakan diri, tunduk, dan taat kepada-Nya di semua keadaan, sedih, maupun senang.

Kita tahu bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan musibah bukan untuk membinasakan dan menghancurkan kaum yang beriman, namun untuk mengangkat derajat mereka. Maka hadapilah musibah ini dengan banyak istighfar dan taubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena semua musibah pasti dikarenakan dosa yang manusia perbuat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatakan,

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (11) وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَإِنَّمَا عَلَى رَسُولِنَا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ (12)

“Tidaklah musibah menimpa kecuali dengan izin Allah. Barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan beri petunjuk kepada hati-Nya. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Taatilah Allah dan taatilah Rasul. Jika kalian berpaling, maka sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan amanah dengan terang.” (QS At-Taghabun: 11-12)

Wahai saudaraku, manfaatkanlah waktu ini dan masa muda kalian untuk thalabul ilmi. Pahami, hafalkan, amalkan, dan ajaklah manusia kepadanya.

Patuhilah peraturan syariat, pemerintah, dan juga ma`had kita. Karena setiap peraturan pasti ada kebaikan untuk dunia dan akhirat kita. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.