Semangat menghadiri majelis ilmu

 

Oleh Salman Palu Tahfidz

 

Berkata Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah: “Jika seorang tidak menghadiri halaqoh ilmu, tidak pernah mendengar khutbah, dan tidak perhatian dengan apa yang dinukil dari para ulama, maka akan semakin bertambah kelalaiannya dan boleh jadi hatinya mengeras hingga membatu. Sehingga dia termasuk orang-orang yang lalai.” (Majmu’ Fatawa 12/234)

 

Jadilah orang pertama yang menghadiri majelis ilmu

Sungguh wahai saudaraku, bersemangatlah menghadiri majelis ilmu. Jangan kalian menuggu teman kalian, kerabat, saudara, untuk mendapatkan manisnya tholabul ilmi (menuntut ilmu). Berlomba-lombalah kalian dalam menghadiri majelis ilmu, jadilah orang pertama yang duduk di majelis ilmu. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة

“Barang siapa yang menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani)

 

Dan juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lain:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

“Barang siapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan, niscaya Allah pahamkan dia dalam ilmu agama ini.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Selalu bersemangat, pantang menyerah

Saya mengajak sendiri dan para pembaca sekalian untuk selalu mengingat perkatan orang yang paling mulia, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Bersemangatlah terhadap apa yang bermanfaat bagimu, minta tolonglah kepada Allah, dan jangan merasa lemah.” (HR. Muslim)

Semoga apa yang ditorehkan di hadapan para pembaca dapat melecut semangat dalam kebaikan, terkhusus dalam belajar. Amin

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.