Serba-serbi Ramadhan di pondok kami

 

Oleh Tim Reportase Santri

 

Bagaimana kabar antum semua kawan? Semoga Allah selalu menjaga kami dan kalian. Berikut ini kabar terbaru di pondok Ma’had Minhajul Atsar Jember, terkhusus di hari pertama bulan Ramadhan.

Semenjak satu hari sebelum Ramadhan, suasana bulan suci mulai tampak meriah di pondok kami. Dus-dus kurma mulai berdatangan silih berganti, begitu pula para santri sibuk membungkus kurma untuk dibagi-bagikan ke masyarakat.

Panitia bagi-bagi kurma

Begitu pula panitia kurma juga mulai kewalahan mengurusi bagi-bagi kurma, panitia terdiri dari pengurus pondok, ikhwan, dan para santri. Adapun susunan panitia santri sudah disusun dua hari sebelum puasa, musyawarah demi musyawarah kami lakukan untuk memudahkan pembagian tugas.

Panitia juga masih memberi kesempatan kepada segenap orang tua untuk ikut serta berinfak dalam program berbagi kurma untuk semua:

Panitia ifthor

Di sana pula, para santri mulai sibuk mempersiapkan kegiatan ifthor (buka puasa) bersama khusus santri. Mereka menyiapkan berbagai kebutuhan buka bersama, dari menyiapkan gelas-gelas, tempat makan, membuat makanan ringan dan minuman, menyiapkan kurma, dan lainnya.

 

Menu pertama buka puasa para santri adalah lemon tea dingin, bakwan goreng ditemani sambel manis, dan kurma. Adapun makan setelah shalat maghrib adalah nasi goreng dan ayam goreng, spesial bukan? Alhamdulillah.

Hasungan untuk berinfak

Panitia santri juga menghasung teman-teman untuk berinfak ifthor (buka puasa). Karena panitia setiap harinya menyediakan 344 porsi untuk buka santri putra, sehingga dibutuhkan biaya yang cukup untuk menu buka puasa bersama. Berikut ini adalah pamflet infak ifthor dengan program dari kita untuk kita.

Demikianlah sekilas serba serbi di awal bulan Ramadhan 1442 H, semoga Allah menerima puasa kami dan kalian. Amin

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.