Tiga Kunci Keberhasilan Seorang Muslim

 

Oleh Mudzakkir Muhammad Arif Padang, Takhasus

 

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, seluruh manusia di muka bumi ini mesti mendambakan keberhasilan. Oleh karenanya, kita membutuhkan kunci dan tuntunan yang memudahkan kita untuk mendapatkan keberhasilan tersebut. Sebenarnya, kunci dan tuntunan tersebut telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Tidak lain dan tidak bukan, tuntunan itu datang dari panutan kita, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah tiga kunci keberhasilan yang seorang muslim harus mengetahuinya. Kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Bersemangatlah melakukan perkara yang bermanfaat, kemudian mintalah pertolongan hanya kepada Allah, dan jangan merasa lemah.” (HR. Muslim)

 

Tiga Kunci Keberhasilan

Inilah kuncinya agar kita meraih keberhasilan, yaitu:

  1. Bersemangat

Hal ini menjadi kunci pertama. Dengan rasa semangat dalam mengerjakan kebaikan, hal itu akan memberikan efek positif baginya. Tanpa semangat, bagaimana ia akan melakukan amalan kebaikan dalam keadaan malas. Justru ia akan semakin sulit meraih keberhasilan yang ia inginkan.


Baca Juga: Kunci Bahagia di Dua Negeri


  1. Meminta pertolongan hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, manusia itu adalah makhluk lemah yang selalu butuh akan bantuan penciptanya. Hal ini telah Allah katakan di dalam ayat-Nya,

وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا

“Manusia itu tercipta dengan tabiat yang lemah.” (QS. An-Nisa: 28)

Dari sini, kita yakin bahwa kita butuh terhadap Allah. Kita juga yakin bahwa Allah pasti dan pasti akan membantu dan menolong hamba-Nya.

 

  1. Jangan merasa lemah!

Jangan merasa lemah di sini maksudnya adalah janganlah kita merasa tidak mampu dalam mengerjakan amalan kebaikan, atau merasa bahwa kita tidak cakap dalam melakukan suatu amalan. Tapi cobalah, bersemangatlah, dan mintalah pertolongan kepada Allah, niscaya kita akan berhasil.

 

Penutup

Mudah-mudahan Allah Taala memberi taufik-Nya kepada kita untuk bisa merealisasikan kunci-kunci keberhasilan ini. Juga semoga Allah memberi taufik-Nya agar kita menjadi orang yang bersegera dalam melakukan ibadah dan amal kebaikan lainnya. Amin.


Artikel Kami: Nasehat Ulama, 2 Sebab Meraih Kesuksesan di Akhirat


 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.