Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Doa ketika gelisah menimpa

 

Oleh Haidar Solo Takhasus

 

Siapa di antara kita yang tidak pernah sedih dan merasakan gelisah? Kita merasa khawatir jika keluarga yang sedang dalam bahaya. Khawatir jika harta benda yang berada dalam rumah diambil pencuri. Atau gelisah dengan urusan yang direncanakan gagal dan acara yang kita adakan tidak berhasil. Tentu kita pernah mengalami yang demikian.

Begitu pula sedih, sedih karena kehilangan seorang yang kita cintai, sedih karena tidak lulus seleksi ke universitas atau pekerjaan. Menyesal dan putus asa karena kesempatan emas berlalu begitu saja dan lainnya yang membuat hati kita gelisah dan sedih.

Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari keresahan dan kesedihan, kelemahan dan sifat malas, dari kekikiran dan sifat pengecut, serta terlilit hutang dan dikalahkan lawan.” (HR. Al-Bukhari dalam shahihnya, no. 6.363 dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu)

 

Gelisah dan sedih

Siapa di antara kita yang tidak pernah sedih dan merasakan gelisah?

Kita merasa khawatir jika keluarga yang sedang dalam bahaya. Khawatir jika harta benda yang berada dalam rumah diambil pencuri. Atau gelisah dengan urusan yang direncanakan gagal dan acara yang kita adakan tidak berhasil. Tentu kita pernah mengalami yang demikian.

Begitu pula sedih, sedih karena kehilangan seorang yang kita cintai, sedih karena tidak lulus seleksi ke universitas atau pekerjaan. Menyesal dan putus asa karena kesempatan emas berlalu begitu saja dan lainnya yang membuat hati kita gelisah dan sedih.

 

Solusi tatkala gelisah dan sedih

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah membimbing kita untuk senatiasa berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dzat Yang Maha Mampu untuk mengabulkan seluruh permintaan para hamba-Nya.

Sebagai seorang muslim, kita tidak diperbolehkan untuk berdoa kepada selai Allah. Baik itu kepada penghuni kubur, penunggu pohon, dan sebagainya. Mereka semua tidak akan mampu mengabulkan permintaan kita sedikitpun.

Do’a di atas terdapat pula doa berlindung dari berbagai sifat jelek dan ketika terhimpit hutang. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan do’a-do’a kita, menghilangkan kegelisahan, dan kesedihan yang sedang kita alami. Amin

Sumber referensi:

  1. Kitab Shahih al-Bukhari.
  2. Kitab Syarh Hisnul Muslim.
  3. Terjemah Kitab Hisnul Muslim.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.