Nikmatnya Menuntut Ilmu di Masa Muda

 

Oleh Muhammad Hafizh Perawang, Takhasus

 

Para ulama rahimahumullah mengatakan,

لَاتُعْرَفُ النِعْمَةُ إِلّا عِنْدَ فَقْدِهَا

“Sebuah nikmat tidak akan dirasa kecuali setelah hilang.”

 

“Dua nikmat yang banyak manusia melalaikannya: Kesehatan dan waktu luang.” (HR. al-Bukhari no. 6412)

Umar bin Khathab radhiallahu ‘anhu juga mengatakan,

تَفَقَّهُوا قَبْلَ أَنْ تُسَوَّدُوا

“Dalamilah ilmu agama sebelum kalian dijadikan panutan.” (Az-Zuhd: 327)

Benar! Kita pasti akan menjadi figure dan panutan yang ditiru oleh keluarga, kerabat, sanak famili, masyarakat sekitar, dan seterusnya.

Sadar atau pun tidak, masing-masing kita, semuanya akan menjadi panutan, objek yang ditiru, dicontoh, dan dijadikan teladan oleh orang-orang yang di bawahnya secara usia maupun yang lainnya.

 

Ucapan Umar radhiallahu ‘anhu di atas memang benar. Seorang insan, apabila telah dijadikan tokoh yang dituakan oleh masyarakat sekitarnya; ia akan sibuk dan banyak kesibukan. Pikirannya akan bercabang dan terpecah. Tekad-tekad yang sudah pernah ia himpun berubah menjadi luntur, ia sempat berazam kuat melakukan sesuatu, ternyata hajat membuat dia benar-benar lupa terhadap tekadnya tersebut.

Karena itu, bersungguh-sungguhlah kalian dalam menuntut imu selagi masih memiliki waktu longgar. Ciptakan sebuah hasil, giatlah! Lakukan buhuts (penelitian) terhadap maklumat yang telah antum ketahui. Jadikan kitab-kitab sebagai teman, lakukanlah hingga sampai pada sebuah titik tertinggi, di mana engkau akan terbiasa dengan kesungguhan.

 

“Ketika ini sudah engkau dapatkan, ia akan menjadi sebuah tabiat bagimu. Engkau akan mengingkari dirimu sendiri, saat ia malas pada suatu hari nanti.”  (al-‘Allamah Ibnu ‘Utsaimin  dalam kitab Syarhul Hilyah: 227 )

 

Penutup

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membantu kita agar semangat dalam thalabul ilmi serta istikamah hingga akhir hayat nanti.  Amiin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.