Wasiat Syaikh bin Baz untuk Penuntut Ilmu

Karya

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

Akidah yang benar telah dijelaskan dalam al-Qur’an dan sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka saya wasiatkan kepadamu untuk:

  1. Memperbanyak membaca al-Qur’an dan menghafal ayat-ayat yang mudah bagimu.
  2. Menghafal hadits-hadits shahih yang mudah bagimu, seperti kitab Arbai’in an-Nawawiyyah dan tambahannya oleh Ibnu Rajab, Kitab Umdatul Hadits karya al-Hafizh Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisi.
  3. Memperbanyak membaca kitab shahih al-Bukhari dan shahih Muslim atau kitab-kitab hadits lainnya yang mudah, bersama saudara-saudaramu yang baik.
  4. Kami wasiatkan pula kepadamu untuk mempelajari kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, seperti al-Aqidah al-Wasithiyyah, al-Hamawiyyah dan at-Tadmuriyyah.

Dalam kitab-kitab tersebut, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah menjelaskan tentang aqidah ahlus sunnah dan bantahan terhadap pihak yang bertentangan dengan mereka.

  1. Demikian pula kami wasiatkan kepadamu untuk menghafal kitab at-Tauhid karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dan kitab Kasyfu asy-Syubuhat. Sungguh kedua kitab tersebut sangat besar faedahnya.
  2. Berikutnya kami wasiatkan kepadamu untuk benar-benar khusyuk dalam berdoa dan banyak memohon kepada Allah agar memberimu hidayah ke jalan-Nya yang lurus, mengaruniakan kepadamu ilmu agama, dan melindungimu dari tipu daya syaithan dan para penyeru kebathilan.
  3. Kami wasiatkan kepadamu untuk memperbanyak doa kepada Allah untuk melapangkan dadamu dalam kebaikan, menolongmu agar bisa memperbanyak membaca al-Qur’an serta menghafalnya, dan menghafal sunnah.

Dialah Allah yang telah berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Rabbmu berkata: Berdoalah kalian kepada-Ku niscaya Aku kabulkan untuk kalian.” (Ghafir: 60)

Kami wasiatkan Anda untuk istiqamah di atas ketaatan kepada Allah dan waspada dari bermaksiat kepada-Nya.

Sumber: Majmu Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah (5/296-297)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.