Sempurnakan Salatmu!

 

Oleh Muhammad Depok, Pra Tahfizh

 

Wahai kaum muslimin..

Perbaikilah salat kalian! Karena salat merupakan tiang agama Islam. Semakin benar salat kalian, maka akan semakin besar pahala yang kalian dapatkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «إِنَّ الرَّجُلَ لَيَنْصَرِفُ وَمَا كُتِبَ لَهُ إِلَّا عُشْرُ صَلَاتِهِ تُسْعُهَا ثُمْنُهَا سُبْعُهَا سُدْسُهَا خُمْسُهَا رُبْعُهَا ثُلُثُهَا نِصْفُهَا»

Bisa jadi seorang hamba selesai mengejarkan salat, namun ia tidak mendapatkan pahala salatnya kecuali hanya sepersepuluh, sepersembilan, seperdelapan, sepertujuh, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga, atau setengahnya saja.” (HR. Abu Dawud, No. 796, dan Ahmad No. 18914 dan yang lainnya).

 

Demikianlah hadits menjelaskan. Terkadang ada orang yang salat dan tidaklah mendapatkan pahala salat kecuali sepersepuluhnya, sepersembilannya, seperdelapannya, dan seterusnya. Bahkan ada seseorang tidak mendapatkan apa-apa dari salatnya.

Semua itu sebabnya adalah karena banyak hal yang tidak dia penuhi ketika salat. Seperti tidak melaksanakan rukun-rukun atau syarat-syarat salat dengan sempurna, atau karena ia tidak khusyuk dalam salat tersebut, serta hal-hal yang lainnya.

 

Referensi: Aun al-Ma’bud.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.