Tiga Perkara yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Tiga Perkara yang Wajib Diketahui

 

Oleh Abdurrahman Fikri Jember, Takhasus 2

 

Dalam Islam, ada tiga perkara yang wajib diketahui oleh pemeluknya, muslim dan muslimah. Sebagaimana kata Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab bin Sulaiman bin Ali at-Tamimi rahimahullah:

“Ketahuilah -semoga Allah merahmatimu- bahwasannya wajib bagi seorang muslim dan muslimah mengetahui 3 perkara ini dan beramal dengannya:

 

Perkara Pertama

  • Pertama: Bahwasannya Allahlah yang menciptakan dan memberi rezeki kepada kita. Allah tidak membiarkan kita begitu saja, justru Dia mengutus kepada kita seorang rasul. Maka barang siapa yang taat kepadanya, dia akan masuk surga, dan barang siapa yang bermaksiat kepadanya, dia akan masuk neraka. Dalilnya firman Allah Taala:

إِنَّا أَرْسَلْنَا إِلَيْكُمْ رَسُولًا شَاهِدًا عَلَيْكُمْ كَمَا أَرْسَلْنَا إِلَى فِرْعَوْنَ رَسُولًا. فَعَصَى فِرْعَوْنُ الرَّسُولَ فَأَخَذْنَاهُ أَخْذًا وَبِيلًا

“Sungguh, Kami telah mengutus kepada kalian seorang asul sebagai saksi atas kalian sebagaimana Kami telah mengutus kepada Firaun seorang rasul. Akan tetapi, Firaun bermaksiat kepada rasul tersebut maka Kami siksa dia dengan siksaan yang berat.” (QS. al-Muzammil: 15- 16)


Baca Juga: Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah Berakidah Khawarij?


Perkara Kedua

  • Kedua: Bahwa Allah tidak rida untuk disekutukan dengan sesuatu apa pun dalam perkara ibadah. Tidak dengan malaikat yang dekat (dengan Allah) dan tidak pula dengan nabi yang diutus. Dalilnya firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا

“Bahwasanya masjid-masjid adalah milik Allah, maka janganlah kalian menyeru bersama Allah dengan sesuatu apa pun.” (QS. al-Jin: 18)

 

Perkara Ketiga

  • Ketiga: Barang siapa yang taat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan menauhidkan Allah, tidak boleh baginya berloyalitas kepada orang – orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, walaupun dia adalah kerabat terdekatnya. Dalilnya firman Allah Azza wa Jalla:

لَا تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا آبَاءَهُمْ أَوْ أَبْنَاءَهُمْ أَوْ إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ

“Engkau (hai Muhammad) tidak akan mendapati suatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhir, saling berkasih sayang kepada orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, walaupun mereka adalah bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, atau kerabat-kerabat mereka.” (QS. al-Mujadalah: 22)

Inilah tiga perkara yang wajib diketahui setiap muslim, semoga bermanfaat.

 

Sumber: Kitab Tsalatsatul Ushul karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab.


Artikel Kami: Inilah Racunnya Agama Warisan Afi


 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.