UAS hari kedua, alhamdulillah Allah mudahkan

Hari ini hujan turun sepanjang pagi. Hawa yang dingin, seharusnya membuat orang malas beraktifitas, lebih memilih naik ke atas ranjang, menarik selimut lalu dalam sekejap hilang ditelan mimpi. Tapi tidak bagi santri, terlebih di hari-hari Ujian Akhir Semester seperti ini, hujan yang turun tidak menghentikan geliat ilmiyah yang mereka lakukan. Bahkan walau mereka harus berlari menembus guyuran hujan, untuk bisa sampai ke tempat berlangsungnya ujian.

Bagi mereka yang tak memiliki payung, memilih jalan yang tertutup oleh sisa atap bangunan bisa menjadi alternatif agar tidak terkena tetesan hujan. Walaupun terkadang derasnya air tetap menciprati tubuhnya, membuat basah kitab yang dibawa, dan menyisakan bercak di jubah yang dikenakan.

Sesi pertama ujian berlangsung lancar, diiringi suara gemericik air yang jatuh di atap bangunan, membuat suasana pengerjaan soal menjadi syahdu. Materi yang diujikan adalah pelajaran Qawaidul Imla’ untuk takmili kelas satu, dan pelajaran al-Qiroah untuk takmili kelas dua. Adapun lembaga takhassus, pelajaran Fiqhul Muyassar diujuikan di kelas satu, dan pelajaran Ushul Tafsir diujikan di kelas 3.

Sesi kedua yang berlangusng setelah shalat ashar juga berjalan lancar sebagaimana mestinya. Dengan materi yang diujikan yaitu pelajaran Durusul Lughah untuk takmili kelas satu, dan pelajaran nahwu untuk takmili kelas dua. Adapun lembaga takhassus, pelajaran akhlak yang materinya mengambil dari Kitabul Jami’ min Bulughil Maram diujikan di kelas satu, dan Fiqih Muyassar diujikan di kelas dua.

Untuk kelas tiga, seharusnya sore ini mereka menjalani ujian Fiqih Muyassar. Namun karena beberapa kendala, jadwal tersebut mengalami pergeseran. Ujian Fiqih Muyassar ditunda di keesokan harinya, digantikan dengan ujian Aqidah Wasithiyah yang dilangsungkan seusai shalat isya.

Adapun di lembaga tahfizh, pelajaran Fiqih diujikan di sesi pertama untuk semua kelas, dan pelajaran tahsin diujikan pada sesi kedua. Semuanya berjalan dengan lancar walhamdulillah. Tersisa satu hari, semoga juga berjalan dengan lancar keesokan harinya, Amin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Promo Qurbani