Buah dari Takwa dan Amal Saleh

baik

Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqan (petunjuk untuk membedakan yang al-haq dan yang batil) dan menghapuskan segala kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. al-Anfal: 29)

Pengamalan seorang hamba dalam bertakwa kepada Allah merupakan tanda kebahagiaan dan keberuntungan. Allah juga telah menyiapkan bagi hamba-Nya yang bertakwa banyak kebaikan dunia dan akhirat. Di dalam ayat ini disebutkan bahwa siapa yang bertakwa kepada Allah, ia akan memperoleh empat keutamaan, masing-masingnya lebih baik dari dunia dan isinya.

Pertama, Allah akan mengaruniakan kepadanya furqan, yaitu ilmu dan petunjuk yang dengannya seorang hamba bisa membedakan antara petunjuk, kebenaran dan segala yang halal dari kesesatan, kebatilan dan keharaman, serta dapat memisahkan antara golongan yang berbahagia dari mereka yang sengsara.

Kedua & Ketiga, hamba tersebut akan meraih pengampunan serta penghapusan atas kesalahan dan dosa. Dalam hal ini, masing-masing dari keduanya saling berkaitan satu sama lain dan mengandung makna yang saling berhubungan. (Jika demikian) maka pengampunan dari kesalahan diartikan pengampunan dari dosa-dosa kecil, sedangkan penghapusan dosa adalah yang berkaitan dengan pengampunan atas dosa-dosa besar.

Keempat, Allah akan memberi pahala yang besar dan ganjaran yang sempurna bagi orang yang bertakwa kepada-Nya dan lebih mengutamakan keridhaan-Nya daripada menuruti hawa nafsu. (Dan Allah mempunyai karunia yang besar).[1]

[1] Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi tafsir Kalam Al-Mannan, karya as-Sa`di, hlm. 362.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.