Kawan, Yuk Gelorakan Semangat Berkarya

 

Oleh Muhammad Eko dan Abu Abdillah al-Bugisy, Takhasus

 

Hari Selasa tanggal 26 Jumadal Ula 1443 H, kelas dua Takhasus mendapat undangan untuk mengikuti sebuah pertemuan selepas salat zuhur bersama beberapa teman dari kelas empat Takhasus. Ditemani segelas es teh, pada rapat tersebut yang menjadi topik utamanya adalah tulis-menulis karya ilmiah di salah satu website milik ma’had kami, yaitu Website Minhajul Atsar.

Dalam rapat tersebut, kakak kelas kami menjelaskan bahwa website tersebut memuat profil ma’had, info akademik, reportase kegiatan, maupun karya santri seputar pembahasan akidah, fikih, tafsir, dan lain sebagainya. Para santri dari lembaga Tahfizh, Takmili dan Takhasus, mereka menyodorkan karya tulis tersebut kepada Tim Website Minhajul Atsar.

 

Kakak kelas juga mengabarkan bahwa untuk meningkatkan jumlah pengunjung website, perlu artikel yang dapat di-posting secara rutin. Mereka pun mengajak kami untuk membantu memenuhi kebutuhan artikel tersebut.

Di kelas dua ini, kami jarang menulis karya ilmiah karena kesibukan lainnya. Selain belajar dan menuntut ilmu, kami juga mendapat tugas untuk menjalankan divisi-divisi yang ada. Mulai dari Divisi Sarpen, Divisi Tamu, hingga Divisi UKS yang tak kalah sibuknya. Semua itu demi kelancaran KBM di ma’had ini, bahkan kelancaran dakwah bersama. Semoga apa yang kami lakukan termasuk dalam sabda Nabi:

وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

“Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim: 2699)

 

Kami Pun Menggelorakan Semangat Tulis Kami

Kakak kelas menghasung kami semua untuk semangat menulis berbagai karya ilmiah, karena hal ini insya Allah akan sangat bermanfaat bagi diri kami sendiri, kemudian bagi saudara-saudara kami di luar sana yang butuh akan ilmu agama ketika mereka membacanya.

Hal ini juga merupakan ladang pahala bagi kami, dengannya kami bisa mengamalkan ilmu yang sudah kami peroleh dengan turut berdakwah melalui karya-karya tulis ilmiah. Bukankah baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

بَادِرُوا بِالْأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ، يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا، أَوْ يُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا، يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

“Bersegeralah kalian dalam beramal sebelum datang fitnah-fitnah bagaikan potongan malam. Seorang di pagi hari dalam keadaan mukmin, kemudian di sore hari menjadi kafir. Sebaliknya, di sore hari dalam keadaan mukmin namun di pagi hari ia telah menjadi kafir, ia menjual agamanya dengan bagian yang sedikit dari dunia.” (HR. Muslim no. 118)

 

Salah seorang salaf mengatakan,

«عِلْمٌ ‌بِلَا ‌عَمَلٍ كَشَجَرَةٍ بِلَا ثَمَرَةٍ»

“Ilmu tanpa amal bagai pohon tak berbuah.” (Iqtidhaul ‘Ilm al-‘Amal, no. 46 hal. 37)

 

Penutup

Semoga sekelumit tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kami dan para pembaca sekalian. Semoga catatan ringkas ini bisa menjadi pelecut semangat kita untuk terus-menerus mengerjakan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan dunia maupun akhirat, di antaranya adalah dengan menulis.

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Bersemangatlah dalam mengerjakan perkara yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan lemah.” (HR. Muslim)

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan.” (QS. Al-Baqarah: 114)

Semoga pula artikel-artikel yang kami tulis menjadi amal jariah bagi kami. Sungguh menarik pintu kebaikan yang satu ini. Kami baru tersadarkan pada waktu itu juga.

Terakhir, mudah-mudahan artikel kami ini menjadi pembuka semangat kami untuk lebih rutin berkarya.

Wabillahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi wa shahbihi wa sallam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Promo Qurbani