Regenerasi Tim SAR Minhajul Atsar, Wajah Baru dengan Semangat Terpancar

 

Tim Jurnalistik Pesantren

 

Sebagian kita mungkin sudah mengetahui bahwa Ma’had Minhajul Atsar memiliki tim SAR pesantren sendiri. Tim SAR Minhajul Atsar beranggotakan para santri dari lembaga Takhasus. Tapi mereka bukan seperti Tim SAR dengan seragam oren dan standby selama 24 jam itu, bukan.

Mereka tetaplah santri Ma’had Minhajul Atsar yang kehidupan sehari-harinya penuh dengan ilmu, ilmu, dan ilmu. Lantas apa tugas Tim SAR ini dan apa peran mereka di Ma’had Minhajul Atsar? Mari kita ikuti pembahasan berikut ini.

 

Latar Belakang SAR Minhajul Atsar

Tim SAR Minhajul Atsar telah terbentuk sejak lama. Tim ini dibentuk sebagai tindak lanjut kebutuhan pengawalan kegiatan santri di luar area pesantren yang bersinggungan dengan air. Semisal berenang di laut, kolam renang, dan sebagainya.

Akhirnya, Tim SAR juga menjadi ladang dan kesempatan ta’awun bagi santri Takhasus Ma’had Minhajul Atsar yang ingin mencari pengalaman di bidang SAR.

 

Selain pengawalan, Tim SAR juga bertugas mendampingi dan melatih kegiatan Ekstrakurikuler Berenang di Lembaga Tahfizh.

Pendaftaran untuk bergabung dengan Tim SAR dibuka terbatas bagi siapa saja yang dengan suka rela bersedia untuk membantu kegiatan Tim SAR . Setiap tahunnya Tim SAR melakukan regenerasi dengan merekrut anggota baru.

 

Regenerasi Tim SAR Minhajul Atsar

Allah Taala berfirman:

وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ

“Itulah hari-hari yang kami gilirkan di antara manusia.” (QS. Ali ‘Imran: 140)

Demikianlah kehidupan manusia, setiap waktu dapat berubah-ubah sesuai dengan kehendak Allah yang mutlak.


Baca Juga: Ekstrakurikuler Renang di Lembaga Tahfizh, Upaya Menguatkan Mental dan Fisik Santri


Begitu pula dengan Tim SAR, setiap tahunnya mengalami regenerasi dan perubahan. Anggota tim yang sudah lulus dari Takhasus tergantikan dengan kader-kader baru yang lebih muda. Harapannya tim yang telah lulus dapat mengamalkan dan membagikan pengalamannya selama bergabung dengan Tim SAR kepada orang lain, saat mereka telah kembali ke kampung halaman masing-masing.

Walhamdulillah, perekrutan anggota baru SAR di tahun ini (TA. 1443-1444 H) telah usai. Tercatat lebih dari 20 santri Takhasus yang bersedia mendaftar secara suka rela. Semoga dengan jumlah ini dapat membuat wajah baru Tim SAR semakin kompak dan solid. Amin.

Berikut ini beberapa rangkaian kegiatan Perekrutan Tim SAR terbaru.

 

Kumpul Perdana Bersama Calon Tim SAR

Semangat yang berbinar-binar dan antusias tinggi sangat tampak dari wajah-wajah calon Tim SAR. Malam itu mereka datang tepat waktu pada pukul 20.00 WIB di salah satu ruangan Gedung Putih Ma’had Minhajul Atsar guna menghadiri kumpul perdana.

Di kumpul perdana ini Ustadz pembimbing menyampaikan beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh anggota tim SAR. Beliau juga menyampaikan pengalaman pribadi beliau selama terlibat di Tim SAR. Serta menyampaikan jadwal latihan rutin pekanan untuk tim SAR.

 

Seleksi Calon Tim SAR

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan pendaftaran dan pengarahan, calon Tim SAR akan mengikuti seleksi pada hari Jumat pagi di kompleks kavlingan ma’had. Seleksi berupa tes fisik lari maraton berbatas waktu dengan target jarak tertentu.

Tepat pada pukul 06.00 WIB para calon Tim SAR sudah berkumpul di tempat yang disepakati. Kegiatan dimulai dengan pemanasan ringan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah pemanasan selesai, para calon Tim SAR memulai lari maraton dengan target minimal 3 putaran mengelilingi kavlingan Ma’had (± 2,5 KM). Mereka harus menyelesaikannya dalam jangka waktu kurang dari 12 menit.

Hasilnya walhamdulillah, santri yang turut di program ini dapat menyelesaikan target tersebut. Bahkan dalam waktu kurang dari 9 menit.

 

Latihan Darat Pekanan Tim SAR

Setelah seleksi tersebut, calon tim SAR harus mengikuti serangkaian kegiatan latihan rutin bersama Tim SAR senior. Latihan tersebut terbagi menjadi dua, latihan di darat dan latihan di air.

Adapun latihan di jadwalnya adalah setiap Sabtu malam Ahad dan Selasa malam Rabu dengan bimbingan dari kakak kelas senior TIM SAR ataupun dari para mudarrisin.

Latihan di darat bertujuan untuk menjaga kebugaran Tim SAR Minhajul Atsar supaya selalu dalam kondisi prima, biidznillah.

Adapun latihan air, maka insyaAllah akan digilir secara berkelompok di setiap Jumatnya.

 

Harapan dan Doa

Semoga Tim SAR Minhajul Atsar mendapat taufik dari Allah Taala untuk bisa istiqamah dalam menunaikan amanah yang mereka emban. Sebagaimana kami juga berharap supaya Allah Taala memberikan kepada kita semua keistiqamahan di atas agama ini.

Mudah-mudahan Allah Taala menerima amal kita semua dan menjadikannya sebagai pemberat timbangan kebaikan kita kelak di akhirat nanti. Amin.


Baca Juga: Giat Beribadah Menambah Kekuatan Badan


Penulis: Abdullah al-Atsari Jogja, Takhasus

─━─━─━∞◆∞━─━─━─

🌐 Website Resmi Ma’had Minhajul Atsar
https://www.minhajulatsar.com/

☘️ Channel Telegram Resmi Ma’had Minhajul Atsar
https://t.me/mahadminhajulatsarjember

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.