Tentang tidur di pagi hari

 

Oleh Ahmad Hidayat Musyrif Tahfidz

 

Bunga-bunga tidur adalah hal yang disenangi oleh kebanyakan manusia, namun apabila tidak dilakukan dengan semestinya, dapat membahayakan dirinya sendiri. Di sini kami ingin memuat pembahasan ringan tentang tidur pagi. Apakah tidur pagi itu ada larangannya? Simak ulasan berikut ini.

 

Kata ulama tentang tidur pagi

Imam ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Pagi hari bagi seorang itu seperti waktu muda dan akhir hari seperti waktu tuanya.” (Miftah Daar Sa’adah 2/216)

Amalan seorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalan di waktu tua. Jadi, jika seorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga bermalas-malasan pula.

 

Tidur pagi yang dilarang

Menurut para salaf, tidur yang terlarang saat selesai shalat shubuh langsung hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang melimpah).

Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan safar semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga matahari terbit. Mereka malakukan hal demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rezeki dan datangnya barakah (kebaikan yang banyak). (Madarijus Salikin 1/459)

 

Penutup

Demikian ulasan para ulama kita yang mulia, semoga kita bisa meniru mereka dan dapat menggunakan waktu tersebut sebaik mungkin. Amin

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.