Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

Gambaran, Manfaat dan Tujuan Program PKL

GAMBARAN PROGRAM

Thullab akan dikirim ke berbagai pondok pesantren Ahlus Sunnah di Indonesia. Mereka akan belajar sekaligus membantu kegiatan pendidikan di pondok tersebut. Di sana thullab akan mempraktekkan ilmu tarbiyah dan dakwah yang sebelumnya mereka dapatkan di Ma’had Minhajul Atsar Jember. Beberapa pondok pesantren yang akan menjadi tujuan PKL antara lain:

  1. Ma’had Minhajul Atsar unit 2 di Situbondo.
  2. Ma’had al-I’tisham di Probolinggo.
  3. Ma’had al-I’tisham di Sawojajar, Malang.
  4. Ma’had as-Sunnah di Batu, Malang.
  5. Ma’had Ibnu Katsir di Sidoarjo.
  6. Ma’had as-Sunnah di Mantingan, Ngawi.
  7. dll

MANFAAT DAN TUJUAN PROGRAM

Di antara manfaat dan tujuan program ini adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan dai-dai muda yang berilmu syar’i di atas bimbingan salaful ummah.
  • Menumbuhkan kepercayaan diri yang besar pada dada para dai muda untuk berhiaskan dengan sunnah disetiap tindak-tanduknya dalam kehidupan.
  • Melahirkan para dai muda yang ulet serta berdisipllin tinggi dalam upayanya menebarkan sunnah dan mengibarkan bendera sunnah setinggi-tingginya.
  • Memberikan gambaran kepada para calon duat, baik secara global atau pun terperinci tentang kondisi dakwah yang akan mereka hadapi.
  • Membentuk sifat kepekaan yang tinggi pada jiwa para dai tentang problem-problem yang sedang dialami.
  • Membentuk dai yang tidak hanya berhiaskan ilmu akan tetapi juga dibarengi akhlak mulia dengan kedewasaan dan kemandirian dai tersebut.
  • Memiliki bekal-bekal metode tarbiyah, baik metode tarbiyah untuk anak-anak usia TA (Tarbiyatul Aulad), MTP (Madrasah Tahfidz Terpadu), ataupun usia Tahfidz.

Membentuk calon dai yang siap ditempatkan di manapun.