Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

PD2M (Program Dakwah di Masyarakat)

   PD2M merupakan singkatan dari “Program Dakwah Di Masyarakat”. Sebuah kegiatan yang ditujukan bagi santri-santri I’dadi (MTS) Ma’had Minhajul Atsar Jember. Mereka akan diterjunkan ke belahan bumi Indonesia. Berbagai daerah yang sebagiannya belum terjamah listrik, sinyal HP, akses kendaraan roda empat, dll. Di tempat-tempat tersebut, calon dai muda itu akan bergabung dengan masyarakat, belajar dari mereka, atau bila memungkinkan membantu mereka sebatas yang dimampu.

Santri-santri yang mayoritasnya besar di lingkungan pondok membutuhkan sebuah latihan dakwah dan berinteraksi dengan masyarakat. Sebab, ke depan, selepas dari Ma’had ini, mereka pasti terjun ke daerahnya masing-masing. Kelak, dengan izin Allah, mereka akan masuk ke medan dakwah yang begitu luas. Sebuah medan yang bisa diibaratkan seperti hutan belantara. Medan yang penuh dengan semak belukar, pohon-pohon liar, binatang buas, hewan berbisa, dan sejuta tantangan yang tidak pernah terbayangkan.

Oleh karena itu, santri perlu diberi bekal untuk menghadapi semua itu. Bekal yang tidak sedikit. Bekal ilmu syar’i, bekal kedewasaan, bekal kerja sama dalam sebuah tim, bekal berkomunikasi, bekal kepedulian, dan bekal-bekal yang lain. Bekal yang banyak tersebut, tidak mungkin diberikan dalam satu atau dua tahun, apalai hanya satu bulan. Namun, sebatas itulah yang kami mampu.

Melalui program ini, santri dilatih untuk:

  1. Berkomunikasi dengan warga.
  2. Berinteraksi dengan sopan bersama mereka.
  3. Melatih jiwa kepedulian terhadap sesama, dll

Daerah alternatif yang akan dijadikan sebagai lokasi kegiatan antara lain sebagai berikut:

1. Unit Jember

Yaitu di daerah Bandealit, meiputi:

  1. Sumbergadung
  2. Sumbersalak
  3. Lodadi
  4. Kampung Pantai

2. Unit Banyuwangi

Untuk unit Banyuwangi meliputi:

  1. Sukamade
  2. Rajegwesi

3. Unit Cilacap

Yaitu di kawasan sekitar Kampung Laut, meliputi:

  1. Cikadim
  2. Selokjero
  3. Ujung Alang (Motean)

Silakan simak deskripsi masing-masing daerah tersebut. Anda bisa membayangkan kondisi geografis maupun penduduknya. Di situlah, dengan izin Allah, santri-santri akan berinteraksi dengan masyarakat, saudara se-Islam. Apa saja kegiatannya? Partisipasi apa yang bisa kita berikan dalam kegiatan ini? Tunggu saja! Semoga Allah memberkahi langkah mereka.